Schweinsteiger Digambarkan Media Inggris Babi Najis

Kamis, 03 April 2014 – 11:08 WIB
Bintang Bayern Bastian Schweinsteiger digambarkan babi najis. Getty Images

PERANG tidak hanya di lapangan. Laga panas Manchester United kontra Bayern Muenchen juga merantak ke sektor media.
      
Koran, tabloid, dan media online Jerman tidak terima dengan perlakuan Daily Mirror. Tabloid kuning yang berbasis di London tersebut seolah menuangkan bensin ke api yang membara.
      
Pada edisi kemarin waktu Inggris (hari ini WIB), Mirror menulis judul besar berjudul You Dirty Schwein (Kamu Babi Najis) sebagai tajuk utama halaman olah raga.
      
Judul itu mengiringi foto bintang Bayern Bastian Schweinsteiger yang berdebat dengan superstar United Wayne Rooney.
      
Perang mulut terjadi usai Schweini-panggilannya-- dikeluarkan oleh wasit asal Spanyol Carlos Velasco Carballo pada menit ke-90. Pemain 29 tahun mendapatkan kartu kuning kedua karena mengganjal Rooney.
      
Menurut beberapa media Jerman penulisan judul Babi Najis merupakan bentuk penghinaan. Sebab, dari kacamata media Jerman, Schweini tak pantas mendapatkan kartu kuning kedua. Rooney dinilai telah melakukan diving. Itu dibenarkan oleh pernyataan Direktur olahraga Bayern, Matthias Sammer.
      
"Judul itu adalah penghinaan. Hasil pertandingan adalah imbang. Namun media-media Inggris memang pecundang," tulis Bild, koran berpengaruh Jerman bertiras 2,5 juta eksemplar perhari itu.
    
Tidak sekali ini saja Mirror menyulut peperangan dengan media Jerman. Pada 24 Juni 1996, tabloid yang punya sirkulasi lebih dari 992 ribu tersebut juga membikin kontroversi. Mirror memasang judul ACHTUNG! SURRENDER pada halaman 1 sebelum laga Jerman melawan Inggris di Euro 1996.
      
Gambarnya adalah eks bintang Jerman Jurgen Klinsmann dan gelandang flamboyan Inggris Paul Gascoigne dengan memakai helm tentara. Publik Jerman melakukan protes keras karena judul itu mengungkit luka lama di Perang Dunia Ke-2. Mirror akhirnya meminta maaf secara terbuka.  
      
"Meski tanpa Schweinsteiger tim Inggris itu tidak punya peluang di Jerman. Mereka bukan siapa-siapa," ketus Bild.

Selain Schweini, gelandang yang bisa menjadi bek tengah Javi Martinez juga absen di leg kedua karena terkena kartu kuning. (nur/bas)

BACA JUGA: Taktik David Moyes Lebih Jago

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andy Murray Kelola Hotel Mewah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler