SDN Gondrong 3 Kota Tangerang Siap Pertahankan Gelar Juara Sekolah Sehat Tahun Depan

Kamis, 05 Oktober 2023 – 15:33 WIB
Suasana SD Negeri Gondrong 3 Kota Tangerang yang berhasil meraih juara 1 dalam lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten pada 2023. Foto: Dok tangerangkota.go.id

jpnn.com, KOTA TANGERANG - SD Negeri Gondrong 3 Kota Tangerang berhasil meraih juara 1 dalam lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten pada 2023.

Torehan ini merupakan kali pertama SDN Gondrong 3 mendapatkan gelar juara sekolah sehat.

BACA JUGA: SDN Gondrong 3 & SMPN 6 Kota Tangerang Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Banten

Kepala Sekolah SDN Gondrong 3 Nurhidayah mengatakan terpilih sebagai juara pertama Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten sebuah kebaggaan bagi sekolah.

Setelah melalui persiapan yang cukup panjang, hasil yang diraih sangat memuaskan. Tidak hanya bagi para guru, tetapi seluruh siswa dan orang tua murid.

BACA JUGA: 24 Sekolah Jadi Jawara Sekolah Sehat Tingkat Nasional

"Alhamdulillah kami tentu merasa bangga dan senang dengan raihan ini. Setelah lolos di tingkat Kota Tangerang, akhirnya kami mendapatkan juara di tingkat Provinsi Banten," ungkapnya Rabu, (04/10/23).

Nurhidayah mengatakan mempersiapkan sekolah menjadi Sekolah Sehat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada banyak kebiasaan yang harus diubah dan dilakukan.

BACA JUGA: Kemdiknas Canangkan Program Sekolah Sehat

"Alhamdulillah, semua pihak baik dari guru, siswa, hingga orang tua murid mendukung dan turut berpartisipasi," imbuhnya.

Ia melanjutkan, dalam penilaian Sekolah Sehat tidak hanya tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) saja. Namun, ada aspek-aspek pendukung lainnya yang berada di sekolah seperti UKS, kebersihan kantin, toilet, dan lainnya.

Para siswa juga membawa tempat makan dan minum sendiri untuk jajan di kantin. Jadi, untuk mengurangi sampah-sampah dari jajanan khususnya plastik dialihkan ke tempat makan sendiri.

"Selain itu, setiap Kamis kami ada kegiatan sarapan pagi bersama. Para siswa akan membawa bekal makanan dari rumah. Untuk UKS, kami juga memiliki 50 Dokter Kecil dan juga guru-guru yang sudah tersertifikasi. Kami juga mendapatkan pembinaan dari Puskesmas Cipondoh," lanjutnya.

Dia berharap gelar juara ini dapat terus dipertahankan. Kolaborasi dengan seluruh guru, siswa dan orang tua murid akan terus dilakukan untuk membentuk kenyamanan bagi para siswa di sekolah. Sehingga, dapat mencetak generasi penerus bangsa yang terbaik.

Nurhidayah mengatakan pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan gelar juara tersebut. Kolaborasi bersama Dinas Pendidikan, para guru, siswa, dan orang tua murid pasti akan terus dilanjutkan.

"Tujuannya, agar anak-anak dapat nyaman belajar di lingkungan sekolah yang sehat dan dapat mencetak generasi penerus bangsa yang andal," harapnya.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler