Kemdiknas Canangkan Program Sekolah Sehat

Kamis, 22 September 2011 – 22:00 WIB

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama dengan PT Sinar Sosro mencanangkan program sekolah sehat di seluruh jenjang pendidikanProgram tersebut difokuskan pada upaya pembentukan budaya sekolah, pola pikir, sikap dan perilaku untuk mendukung terwujudnya sekolah sehat.

 Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, saat ini banyak jajanan anak sekolah yang jauh dari kategori sehat, aman dan bergizi

BACA JUGA: Pendidikan Belum Ciptakan Lulusan Siap Kerja

Karenanya dengan kerjasama ini, diharapkan akan memperbaiki kantin-kantin di sekolah dan membantu pemahaman makanan yang bergizi dan aman.

“Nantinya juga akan diberikan penyuluhan mengenai bagaimana pengelolaan kantin
Untuk ke depannya, anak-anak SMK juga bisa menjadikan kantin itu sebagai usaha dan bagian dari unit produksinya

BACA JUGA: 5,1 Juta Siswa SMA Terima Dana Bantuan

Sehingga, mereka akan mendapatkan pengalaman kelola kuliner,” ungkap Fasli usai penandatangan MoU antara Kemdiknas-Sosro di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Kamis (22/9).

Di tempat yang sama Dirjen Pendidikan Dasar Kemdiknas, Suyanto menambahkan, program ini bertujuan untuk membangun peradaban yang melahirkan orang-orang sehat jasmani dan rohani
Ditegaskannya, para siswa di sekolah formal perlu dipersiapkan menjadi anak-anak yang cerdas, memiliki kemandirian dan berbudaya hidup sehat.

Sedangkan Presiden Direktur PT Sinar Sosro, Joseph S

BACA JUGA: Kepsek SMAN 6 Dinilai Lalai

Sosrodjojo mengatakan, program yang melibatkan Kemdiknas, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan pihak-pihak terkait lainnya itu merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan sekolah“Selain itu,program ini juga bisa dijadikan ajang pelatihan kepada peserta didik mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungans ekolahSehingga ke depannya, dapat menciptakan orang-orang yang memiliki kualitas SDM yang lebih baik,” terangnya.

Untuk periode pertama, sekolah yang tersentuh program itu antara SD Tamanan Kediri (Jatwa Timur), SDN 9 Mempawah Pontianak (Kalbar), SDN CBN Surya Kencana (Jawa Barat) dan SDN 11 Mataram (NTB), SMPN 6 Banjarmasin (Kalsel), SMPN 2 Mempawah Pontianak (Kalbar), SMPN 10 Malang (Jawa Timur), dan SMPN 3 Lebak (Banten).  Sedangkan untuk tingkat SMA antara lain SMAN 7 Mataram (NTB), SMAN 7 Banjarmasin (Kalsel), SMKN 01 Mempawah Pontianak (kalbar) dan SMAN 1 Majalengka (Jawa Barat)(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siswa Suka Tawuran, Kemdiknas Kumpul 20 Kepsek


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler