Sebaiknya Golkar Punya Kepastian soal Ketum Sebelum Jokowi Dilantik Lagi

Kamis, 11 Juli 2019 – 15:20 WIB
Presiden Joko Widodo saat memperlihatkan chopper miliknya ke Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Istana Bogor, Sabtu (24/3). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menyarankan kepada Partai Golkar mengikuti langkah PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem yang memajukan pelaksanaan musyawarah nasional (munas) ataupun kongres. Menurut Syarwi, memajukan pelaksanaan munas akan membuat Golkar lebih mudah berkoordinasi dalam pemerintahan Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf) mendatang.

"Lebih cepat tentu lebih baik. Kalau lambat, koordinasinya tentu akan susah juga ke depan. Ketua umum kan bisa ganti lagi,” ujar Pangi saat dihubungi, Rabu (11/7).

BACA JUGA: Masinton Pasaribu: Yang Pasti Ada di Dompet Bu Mega

BACA JUGA: okowi Bakal Diuntungkan Jika Munas Golkar Dimajukan

Direktur eksekutif Voxpol Center Reseach & Consulting itu mengatakan, jika partai-partai anggota koalisi pengusung Jokowi - Ma’ruf sudah punya kepastian tentang ketua umum sebelum pemerintahan baru terbentuk, maka hal itu akan memudahkan koordinasi dalam pembagian kursi menteri di kabinet mendatang. “Bagaimana role model koalisinya, kue-kue kekuasaannya, akan lebih enak membaginya," kata Pangi saat dihubungi, Rabu (11/7).

BACA JUGA: Besok, Pak SBY Kumpulkan Ketua DPD Demokrat se-Indonesia

Lebih lanjut Pangi menilai partai-partai yang sudah memutuskan menggelar munas ataupun kongres sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang berupaya memberikan kepastian kepada Jokowi. PDI Perjuangan, PKB dan Nasdem, kata Pangi, sudah bisa merekomendasikan nama-nama kader yang akan menjadi calon menteri di kabinet mendatang.

BACA JUGA: Jokowi Kunjungi Puncak Waringin dan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo

"Tidak akan ada lagi tarik menarik kepentingan. Kalau munas setelah pelantikan (presiden, red), ganti ketum, tidak ada kepastian," ulas politikus yang akrab disapa dengan panggilan Ipang itu.

BACA JUGA: Suksesi Kepemimpinan Partai – Partai Pendukung Jokowi, Hanya Golkar yang Seru?

Karena itu Pasngi menegaskan, Golkar harus memberi kepastian kepada Jokowi agar pada kabinet mendatang tidak ada reshuffle tiba-tiba lantaran partai berlambang beringin itu ganti ketua umum. Sebab, katanya, pergantian menteri di tengah jalan akan mengganggu jalannya roda pemerintahan dan program kerja.

"Artinya ketum baru nanti adalah ketum yang benar. Nama-nama yang diusulkan tidak lagi diotak-atik. Menteri-menteri itu tidak diganggu karena itu sudah hasil konvensi," ujar dosen ilmu politik di UIN Syarif Hidayatullah itu.(tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Megawati Belum Bicara soal Calon Menteri dengan Jokowi, Ini Alasannya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler