Sebelas Pemain NTB Ikut Seleksi Timnas U-16

Minggu, 05 Maret 2017 – 17:42 WIB
Ilustrasi sepak bola. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Asosiasi Provinsi (Asprov) NTB sudah mengerucutkan hasil seleksi pemain muda. Mereka yang dikirim ke Jakarta jumlahnya 11 orang.

Belasan anak muda berbakat itu akan mengikuti seleksi Timnas Usia 16 Tahun (U-16). ”Seleksi regional itu di Jakarta, Bali, Medan, dan Papua,” kata Ketua Tim Seleksi Timnas U-16 Asprov PSSI NTB Imam Syafii, seperti dilansir Lombok Post (Jawa Pos Group), Sabtu (4/3).

BACA JUGA: Indra Sjafri Ingin Tes Kemampuan Fisik Pemain Pagi Ini

Khusus di NTB, pihak Asprov sudah menyeleksi 85 pemain dari masing-masing Askab/Askot. Seleksi selama dua hari itu memutuskan 11 pemain yang dibawa ke tahap selanjutnya.

Mereka yang dinyatakan lolos ke seleksi tingkat regional yakni M Yudhi Satria Azzi, L Thoriq Andika W, Fauzan, L Hasnasrin, Arif Umar Yahyata, Ilham Farabi, M Zidan Rusminto, I Putu Krisna Saputra, L Arua Andra, Mardehion Martha Bayu, Ilhan Arkhan.

BACA JUGA: Uji Coba Timnas Lawan Singapura Kemungkinan Besar Batal

Seleksi regional ini berlangsung di Jakarta, kata Imam, agar bisa dipantau pelatih timnas U-16. Rencananya, jadwal seleksi nasional dilaksanakan 20-21 Maret mendatang.

“Kalau ada pemain dari NTB yang lolos ke tingkat seleksi nasional bisa sekalian tinggal di sana langsung. Itu pertimbangan kami,” ujarnya.

BACA JUGA: Luis Milla: Style Timnas Diputuskan setelah Skuat Final

Imam menerangkan indikator pada selsksi nanti tidak jauh beda dengan tes di masing-masing Asprov. ”Paling yang dilihat keterampilannya bermain, fisik, dan skill,” terangnya.

Menurutnya, potensi yang dimiliki pemain NTB cukup mumpuni. Teknik maupun fisiknya terbilang cukup bagus. Dari beberapa pemain yang lolos itu, mereka juga lolos seleksi menjadi pemain Deltas United U-16. ”Itu menjadi modal awal mereka,” jelasnya.

Dia mengatakan, ini merupakan sejarah baru bagi NTB. Karena, untuk kali pertama pemain NTB mengikuti seleksi skuad Timnas. ”Ini sebagai awal kemajuan sepak bola NTB kedepannya,” bebernya.

Saat ini diakui, prestasi sepak bola NTB dibandingkan dengan daerah-daerah di Pulau Jawa dan Papua masih jauh tertinggal. Namun, dia optimistis jika pemain muda diberikan kesempatan yang bagus dan berpeluang mengikuti seleksi Timnas bisa memberikan dampak positif bagi sepak bola daerah.

”Kita harus mengawalinya dari sekarang. Potensi yang kita miliki sangat besar. Namun, tidak diolah dengan baik,” ungkapnya.(arl/r10)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Osvaldo Haay Kaget saat Diminta Bergabung ke Timnas


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler