Sebelum Berbuka, Foke Jualan Dulu

Jumat, 27 Juli 2012 – 00:46 WIB

JAKARTA - Safari Ramadan yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta dimanfaatkan Fauzi Bowo untuk mengumbar klaim keberhasilannya sebagai gubernur kepada warga. Foke membanggakan keberhasilan Pemprov DKI dalam menyediakan pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis.
 
Foke mengklaim bahwa warga Jakarta di bawah kepemimpinannya lebih sehat. Hal ini menurutnya, bisa dilihat dari angka harapan hidup warga Jakarta yang tinggi.
 
"Usia harapan hidup kita semakin panjang Untuk wanita 78 tahun, di RT/RW semakin banyak kaum lansia. Untuk laki-laki 74,6 tahun," ujar Foke di hadapan jamaah masjid Jami Baitusallam, Kompleks Paspampres, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (26/7) malam.
 
Kartu Gakin (Keluarga Miskin) yang dikeluarkan Pemprov DKI untuk memfasilitasi warga kurang mampu dalam mendapatkan kesehatan gratis diniliai sangat berjasa menyehatkan Jakarta. Foke mengatakan, warga bisa mendapat berbagai pelayanan kesehatan secara cuma-cum dengan menunjukkan kartu gakin.
 
Tidak hanya biaya dokter dan obat yang gratis, biaya operasi dan cuci darah pun diklaim bisa didapat dengan cuma-cuma. Namun Foke berharap warga tetap sehat sehingga tidak perlu menggunakan kartu Gakin tersebut.
 
"Kalau memerlukan operasi jantung akan dilayani. Dimana-mana warga bisa cuci darah gratis, cuma-cuma. Ada juga 88 RS keliling dan puskesmas. Tapi mudah-mudahan semua tetap sehat, sehingga kartu ini tidak diperlukan," ujarnya.
 
Sementara di bidang pendidikan, program wajib belajar 12 tahun menjadi andalan Foke. Program pendidikan gratis hingga SMA yang baru berjalan tahun ini dibanggakannya karena berbeda dengan daerah lain yang baru bisa menggratiskan pendidikan hingga bangku SMP. Foke menambahkan, Pemprov DKI mengucurkan dana operasional untuk sekolah agar kualitas pendidikan tetap terjaga.
 
"Setiap murid SMA mendapat biaya operasional, Rp4,8 juta setiap tahun. SMK dananya lebih besar lagi Rp7,2 juta setiap tahun," kata Foke.
 
Lebih lanjut, Foke menegaskan bahwa pemerintahannya juga memperhatikan kesejahteraan guru. Ia mengklaim bahwa guru di Jakarta lebih sejahtera dibanding daerah lain.
 
"Yang guru saya tanya kalau dipindahin ke Jateng mau ga? Pasti nggak mau karena kesejahteraannya lebih tinggi di Jakarta,"  ujarnya di hadapan jamaah masjid.
 
Foke menegaskan program pendidikan menjadi prioritas tertinggi Pemprov DKI. Pasalnya DKI Jakarta minim sumber daya alam maka harus memaksimalkan potensi sumber daya manusianya untuk maju. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... MUI Minta Warung Makan tak Jualan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler