Sebelum Hohohihi, Ketahui Dulu Jenis-jenis Kondom Ini

Jumat, 11 Desember 2015 – 17:11 WIB
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Banyak orang yang hanya tahu bahwa kondom adalah alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual. Namun, tak banyak yang tahu jenis kondom yang pas dengan diri sendiri.

Padahal, menggunakan kondom yang pas bisa menambah kenikmatan bercinta. Alhasil, banyak orang yang terkesan sekenanya mengenakan kondom.

BACA JUGA: Boleh Dicoba Kakak! 4 Langkah Hilangkan Lemak di Perut

“Kondom terbaik di pasar adalah salah satu yang Anda gunakan," kata Associate Professor Klinis Obstetri dan Ginekologi di Northwestern University Lauren Streicher seperti dilansir laman Health, Kamis (10/12).

Berikut ini beberapa jenis kondom yang harus Anda ketahui.

BACA JUGA: Tips Bertahan pada Pekerjaan yang Tidak Anda Suka

1. Lateks

Ini adalah kondom yang paling umum. Tetapi jika merasakan gatal, kemerahan, atau ruam setelah menggunakan kondom ini, Anda sebaiknya ke dokter untuk mengetahui adanya alergi.

BACA JUGA: Hanya Dengan Air, Anda Bisa Hilangkan Berat Badan 5 Kg

2. Non lateks

Jika Anda memiliki alergi lateks, ada banyak alternatif pilihan kondom. Namun, kondom jenis ini dianggap tak sehebat lateks untuk menangkal penyakit seksual.

3. Kulit domba

Ini mungkin yang paling kontroversial. Kondom jenis ini dianggap tidak akan melindungi terhadap PMS dan tak efektif mencegah kehamilan. Itu karena pori-pori alami di kulit domba cukup besar untuk membiarkan beberapa virus (seperti HIV dan herpes) lolos.

4. Kondom perempuan

Tingkat kegagalan kondom perempuan adalah 21 persen. Tapi, bila digunakan dengan benar, kondom jenis ini memiliki keberhasilan hingga 95 persen dalam mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. (fny/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ibu Hamil Ternyata Tetap Boleh Minum Kopi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler