Sebelum Jokowi Lengser, Batam akan Punya Kereta Api

Pre-design Jalur Kereta Api Masuk Bappenas

Kamis, 17 Maret 2016 – 11:57 WIB
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BATAM - Rencana pembangunan jalur kereta api di Batam masih terus bergulir. Direktur Perencanaan dan Teknik Badan Pengusahaan (BP) Batam, Imam Bachroni, memastikan, proyek itu pasti akan terwujud.

"Sekarang, posisinya ada di Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)," katanya seperti dikutip dari batampos.co.id (Jawa Pos Group), Kamis.

BACA JUGA: Niatnya Gelapkan Motor, Malah Papasan di Jalan

BP Batam tengah menunggu persetujuan dari Bappenas. Setelah muncul kata 'iya', mereka akan segera membuat Detailed Engineering Design (DED). Sejauh ini, pre-design jalur kereta api itu sudah masuk Bappenas.

Langkah selanjutnya, pemerintah dapat mulai mencari investor. Apakah investor yang akan membangun keseluruhan infrastruktur atau menjadi pengelola, itu masih belum dibicarakan. Hal tersebut sangat bergantung pada kesiapan investor.

BACA JUGA: Berpose Panas Sama Anggota Dewan, Si Perempuan: Kami Nikah di Suramadu...

"Yang namanya kereta api itu kan nanti ada macam-macamnya lagi," ujarnya.

Menurut Imam, pemerintah sangat mungkin bekerja-sama dengan pihak ketiga sebagai pengelola. Tetapi jika pemerintah ingin mengelola kereta api ini, ia pun tidak masalah. 

BACA JUGA: Rasionalisasi Dijalankan, Gejolak Bisa Jadi Kenyataan

Ia berharap masalah perizinan ini dapat selesai di tahun 2016. Sehingga, pengerjaan dapat dilakukan di tahun berikutnya. Menurutnya, pembangunan jalur kereta api ini akan memakan waktu sekitar dua tahunan.

"Kami akan kejar terus. Semoga sebelum Pak Jokowi selesai (menjabat), Batam sudah punya kereta api," katanya. (ceu/ray)

BACA ARTIKEL LAINNYA... HEBOH: Foto Panas Anggota Dewan dan Perempuan di Kamar Beredar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler