Sebelum MH17 Jatuh, Pesawat PM India Lewati Ukraina

Sabtu, 19 Juli 2014 – 15:17 WIB
Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto: Getty Images.

jpnn.com - NEW DELHI - Perdana Menteri India, Narenda Modi, merasa bersyukur lantaran bukan pesawatnya yang ditembak oleh pemberontak Ukraina.

Pasalnya, pesawat yang ia naiki melintas wilayah udara Ukraina beberapa saat sebelum maskapai penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh, Kamis (17/7) kemarin.

BACA JUGA: Hendak ke Jogja, Nenek Tiri PM Malaysia jadi Korban MH17

Modi saat itu baru saja bertolak dari Frankfurt Jerman menuju New Delhi dengan menumpang pesawat Air India One yang melintasi Ukraina.

Selain pesawat yang ditumpangi Modi, sebuah pesawat lainnya yang melintas di waktu yang hampir bersamaan dengan MH17 di atas wilayah udara Ukraina adalah Air India (AI) AI113 yang bertolak dari New Delhi menuju Brimingham.

BACA JUGA: Malaysia Utamakan Jamin Keamanan Tim Investigasi

"Jarak AI113 hampir 75 kilometer dari jarak MH17. Sementara, Air India One hampir 125 kilometer jauhnya dari jalur penerbangan AI113 dan 200 km dari MH17," kata pernyataan AI seperti dilansir Times of India, Sabtu (19/7).

Menteri Penerbangan India, Ashok Gajapathi Raju, juga menegaskan tidak ada ancaman atas perjalanan Modi kemarin.

BACA JUGA: MH17 Jatuh, Obama Minta Rusia Hentikan Pengiriman Senjata ke Ukraina

"Tidak ada bahaya. Setiap kali setiap rute udara (untuk pesawat VIP) selesai, negara-negara yang terlibat bisa tahu tentang hal itu," katanya.

Diketahui, setelah tragedi jatuhnya MH17, sejumlah maskapai penerbangan internasional menghindari rute wilayah Ukraina. AI sendiri juga mengeluarkan instruksi kepada para pilot untuk menjauhkan diri dari wilayah konflik Ukraina demi menghindari kejadian serupa.(mel/rmo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Investigasi Internasional Ditodong Senjata Separatis Pro Rusia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler