Malaysia Utamakan Jamin Keamanan Tim Investigasi

Sabtu, 19 Juli 2014 – 14:25 WIB
Lokasi jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina. Foto: Getty Images.

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tiong Lai, terbang ke ibukota Ukraina, Kiev, Sabtu (19/7). Di sana, Liow akan memastikan apakah tim investigasinya mendapatkan akses yang aman ke lokasi jatuhnya Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 tersebut.

"Kami ingin memastikan koridor yang aman (bagi tim investigasi) ke lokasi. Kami telah mengirim tim ke Kiev kemarin malam. Saya akan berangkat ke Kiev malam ini untuk memastikan kami memiliki akses ke daerah temuan," kata Liow seperti dilansir Reuters.

BACA JUGA: MH17 Jatuh, Obama Minta Rusia Hentikan Pengiriman Senjata ke Ukraina

Ia juga mengatakan, prioritas utamanya adalah menjamin keamanan terhadap tim investigasinya dan berharap tidak ada satupun puing-puing pesawat yang dirusak.

"Kami ingin turun sampai ke bawah. Kami tidak bisa memberikan keterangan sampai fakta telah diverifikasi, apakah pesawat itu benar-benar jatuh, bagaimana bisa jatuh, dan apa yang membuatnya jatuh," lanjutnya.

BACA JUGA: Tim Investigasi Internasional Ditodong Senjata Separatis Pro Rusia

Ia menambahkan, kerjasama internasional juga diperlukan. Malaysia telah berhubungan dengan para pejabat di Rusia, Ukraina, Amerika Serikat, Inggris dan Tiongkok.(ald/rmo/jpnn)

BACA JUGA: Takut Ditembak Jatuh, Malaysia Airlines tak Lagi Lewati Ukraina

BACA ARTIKEL LAINNYA... Al Azhar Kawal Kasus Mahasiswi Indonesia yang Tewas di Kairo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler