Sebentar Lagi, Kemdikbud Kembangkan Rapor Baru

Senin, 21 Agustus 2017 – 19:14 WIB
Siswa SMP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 16 sekolah dari 24 kab/kota terpilih sebagai Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA: 108 Guru dan Tenaga Kependidikan Raih Penghargaan GTK Berprestasi

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengungkapkan, program sekolah sehat diharapkan bisa mendorong penerapan penguatan pendidikan karakter (PPK) bagi seluruh siswa di Indonesia.

"Menjadikan sekolah yang bersih dan sehat diharapkan bisa menjadikan salah satu indikator penilaian karakter bagi siswa," kata Hamid, Senin (21/8).

BACA JUGA: Selamat! 1.109 PNS Kemendikbud Dapat Tanda Kehormatan

Dia mengungkapkan, Kemendikbud saat ini tengah mengembangkan rapor baru.

Raport pertama adalah seperti yang selama ini ada. Yang kedua nantinya adalah rapor karakter.

BACA JUGA: Singapura Jadi Juara WSDC 2017 di Bali

Rapor karakter menyangkut semua karakter perilaku anak.

"Ini bertujuan agar anak yang berperilaku baik dan kurang baik bisa tetap dipantau oleh sekolah serta orang tua, termasuk sikap hidup bersihnya," terang Hamid.

Salah satu sekolah yang menerima penghargaan sebagai Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017 adalah SMP Negeri 3 Tuban, Jawa Timur.

Sekolah ini menjadi Pemenang Pertama Kategori Pencapaian Terbaik Tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Sikap hidup bersih dan sehat telah diterapkan di SMPN 3 Tuban Jawa Timur. Salah satu program unggulannya adalah penerapan empat pilar penyanggah kebijakan.

Kepala Sekolah SMP 3 Tuban Jawa Timur, Mat Sa’roni menjelaskan, empat pilar penyanggah kebijakan tersebut yaitu kebijakan berwawasan sekolah sehat, mengintegrasikan dalam pembelajaran dan kurikulum, pemenuhan sarana prasana dan pemeliharaan, serta membangun indahnya kebersamaan dan kepedulian.

Karakter hidup bersih dan sehat juga tercermin dari siswa SMA Negeri 1 Kedamean Kabupaten Gresik yang menjadi Pemenang Harapan Kategori Best Performance Tingkat Sekolah Menengah Atas.

Muhammad Zulfan Ramadhani, salah satu siswa SMAN Kedamean Kabupaten Gresik mengatakan, pengenalan sekolah sehat membuat dia dan teman-temannya menjadi lebih tahu dan memiliki wawasan tentang bagaimana cara hidup sehat. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sudah Raih Dua Kemenangan, Indonesia Tetap Optimistis di Babak Lanjutan WSDC 2017


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler