Seberapa Tebal Peluang Anies Diusung PDIP di Pilkada Jabar 2024?

Kamis, 29 Agustus 2024 – 16:12 WIB
Anies Baswedan dan Ketua DPD PDIP Jakarta Adi Wijaya alias Aming di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (24/8). Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Peluang Anies Baswedan maju di Pilkada Jakarta 2024 makin tipis karena hingga Kamis sore ini belum ada tanda-tanda perubahan peta koalisi partai politik untuk pencalonan gubernur – wakil gubernur.

Kabar terbaru, Anies Baswedan punya peluang diusung PDIP di Pilkada Jabar 2024.

BACA JUGA: Mbak Puan Buka Suara soal PDIP Usung Anies Baswedan di Pilkada Jabar 2024

Seberapa besar peluang Anies diusung PDIP menjadi cagub Jabar 2024?

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Prof. Asrinaldi mengatakan bahwa pilihan untuk tidak menjadi kader partai politik akan merugikan karier politik Anies Baswedan.

BACA JUGA: PDIP Siapkan Kejutan di Pilkada Jabar 2024, Apakah Anies Baswedan?

“Tentu ini akan merugikan Anies sendiri karena ke depan tentu orang lebih mengedepankan aspek kaderisasi atau kader,” kata Prof. Asrinaldi saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Kamis (29/8).

Dia menjelaskan bahwa tuntutan terhadap fungsi partai politik akan membuat pencalonan pemimpin bangsa memprioritaskan kader, bukan tokoh eksternal partai atau nonkader.

BACA JUGA: Sebelum Tengah Malam, Jangan Bilang Peluang Anies Habis, Masih Ada 4 Parpol

Oleh sebab itu, lanjutnya, pilihan tidak menjadi kader partai akan menyulitkan Anies untuk berkontestasi di tingkat nasional pada masa mendatang, seperti Pilpres 2029.

“Akan sulit bagi Anies ke depannya untuk mengikuti agenda-agenda politik besar, terutama menempatkan dia sebagai calon pemimpin bangsa karena tuntutan partai untuk mendorong orang-orang yang hebat itu berpartai, yaitu satu keniscayaan dalam sejarah partai politik yang ada di Indonesia ke depannya,” ujarnya.

Walaupun demikian, dia memahami bahwa opsi tidak menjadi kader partai politik akan membuat Anies untuk mudah pergi ke partai mana pun atau menjadi pribadi yang bebas, seperti pada Pemilu 2024, yang mana Anies diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai NasDem, sebagai calon presiden meski tidak menjadi kader partai tersebut.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Anies akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Jakarta.

Akan tetapi, PDIP memutuskan mengusung kader partainya untuk berkontestasi pada Pilkada Jakarta, yakni Pramono Anung dan Rano Karno.

Kabar terbaru, Anies Baswedan punya peluang diusung PDIP pada Pilkada Jabar 2024.

Pasalnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono membuka peluang bakal calon Gubernur Jabar yang akan diusung partainya bukan kader internal.

“Jawa Barat ini merupakan wilayah besar dengan kompleksitas masalah yang besar, jumlah pemilih yang besar, sehingga bisa saja nanti calon gubernurnya bukan kader PDI Perjuangan, yang juga bisa saja nanti dipasangkan dengan kader partai lain,” kata Ono saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Kamis (29/8). (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler