Sedang Depresi? Konsumsilah 5 Makanan ini

Selasa, 07 Agustus 2018 – 04:31 WIB
Ilustrasi depresi. Foto: AFP

jpnn.com - Tak ada seorang pun yang ingin terjebak dalam kelamnya depresi. Goncangan mental ini bisa sangat menganggu dan dapat membahayakan jiwa jika tidak diatasi dengan benar. Sebaik apa pun nasihat atau saran yang diberikan, mengatasi depresi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Meski demikian, harus ada langkah yang dilakukan, meski sesederhana memperhatikan pola makan. Supaya depresi yang dirasakan tak memburuk, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan ini.

BACA JUGA: Saat Depresi, Hindari 5 Makanan dan Minuman ini

Dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter menganjurkan untuk mengatasi depresi dengan fokus pada konsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan ini:

1. Makanan yang mengandung antioksidan.

BACA JUGA: Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Antioksidan seperti vitamin A, C, dan E bisa Anda temukan pada sayur dan buah. Zat ini penting untuk mengatasi kelebihan radikal bebas dalam otak, yang sekaligus mengurangi gejala depresi.

2. Omega-3.

BACA JUGA: Ada Perempuan Lajang di Dalam Sumur

Makanan yang mengandung omega-3 tinggi, seperti ikan, kedelai, dan kacang-kacangan sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi depresi.

3. Karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh atau beras merah, tidak hanya bikin Anda kenyang lebih lama, tapi juga berperan dalam mencegah dan mengatasi gejala depresi.

4. Protein.

Sumber protein yang kaya akan asam amino triptofan, seperti ikan tuna dan daging ayam, sangat baik untuk menangkal depresi. Sumber protein lain, seperti telur, susu, dan kacang-kacangan juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

5. Vitamin D dan selenium.

Makanan yang mengandung vitamin D seperti susu dan minyak ikan, atau makanan yang kaya selenium seperti kacang-kacangan, daging, dan boga bahari (seafood) memberikan manfaat yang signifikan dalam mengatasi depresi.

Supaya bisa benar-benar terlepas dari jerat depresi, Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin, menerapkan gaya hidup sehat, serta stop kebiasaan merokok dan minum minuman keras.

Jika cara-cara ini dan belum mampu mengatasi stres dan depresi yang dialami, mungkin ini waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.(RN/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Kiat Atasi Stres Saat Jagoan Kalah di Final Piala Dunia


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler