Sederet Efek Dukungan JK untuk AMIN: dari Pemilih, Legitimasi, sampai Jaringan Golkar

Sabtu, 23 Desember 2023 – 14:53 WIB
Wakil Presiden ke 10 dan ke 12 RI Jusuf Kalla menerima kunjungan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden ke-11 dan ke13 RI M. Jusuf Kalla memilih mendukung Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024.

Dukungan tokoh senior Golkar yang punya basis massa kuat di Indonesia Timur itu pun diyakini akan berefek positif bagi pasangan capres-cawapres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 tersebut.

BACA JUGA: Anies Baswedan Dapat Dukungan JK, Ini Harapannya

Dewan Pakar Timnas AMIN Fahrus Zaman Fadhly mengatakan ada dampak penting dari dukungan tokoh yang dikenal dengan inisial JK tersebut.

Menurut Fahrus, dampak pertama dari dukungan JK ialah potensi untuk dijadikan alat penting dalam memobilisasi suara pemilih dari basis pendukung tokoh asal Sulawesi Selatan itu.

BACA JUGA: Ganjar Paham, JK Sejak Awal Memang Dukung Anies

JK memang punya pendukung kuat di Indonesia timur, apalagi di daerah asalnya.

“Keberadaan basis pendukung yang solid merupakan aset berharga dalam meraih dukungan pemilih, terutama dalam situasi pemilihan yang berlangsung sangat ketat,” ulasan Fahrus pada , Sabtu (23/12/2023).

BACA JUGA: Jubir AMIN Jatim: Pikiran Gus Imin Konkret dan Lugas

Adapun dampak kedua dari dukungan itu ialah legitimasi tambahan bagi AMIN. Menurut Fahrus, citra dan legitimasi kandidat sangat penting untuk menarik pemilih yang belum memiliki pilihan (swing voters dan undecided voters).

"Dalam dunia politik, citra dan legitimasi kandidat memiliki peran yang signifikan dalam memengaruhi pemilih yang masih ragu-ragu dan belum memutuskan pilihan," imbuh Fahrus.

Lebih lanjut Fahrus juga menyinggung dampak ketiga dari dukungan JK untuk AMIN, yakni membantu memperkuat persepsi bahwa pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan itu memiliki kapabilitas dan kredibilitas penting untuk memimpin negara.

Fahrus menambahkan JK merupakan tokoh berpengaruh yang dikenal sebagai seorang mediator ulung. Selain itu, JK merupakan tokoh berkaliber internasional yang dikenal sebagai juru damai pada konflik di Indonesia maupun dunia.

Oleh karena itu, Fahrus menilai kemampuan JK dalam memfasilitasi dialog antara berbagai pihak telah membantu mencapai kesepakatan politik penting yang berkontribusi pada stabilitas negara.

"Ini mencerminkan kepemimpinan yang dapat diandalkan dalam menangani konflik politik dan SARA," imbuhnya.

Selain itu, Fahrus juga menyebut implikasi lain dari dukungan yang diberikan mantan ketua umum Golkar itu untuk AMIN. Golkar merupakan partai besar yang memiliki infrastruktur sampai bawah.

Oleh karena itu, Fahrus menyebut dukungan JK akan diikuti sumber daya dan infrastruktur politik yang signifikan, terutama pendanaan dan akses ke pemilih, bagi kampanye AMIN di berbagai daerah.

"Dukungan dari tokoh berpengaruh seringkali dianggap sebagai panduan dalam memilih kandidat, dan hal ini dapat membantu memperkuat citra AMIN sebagai kandidat yang dapat diandalkan dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa," ucapnya.(jpnn.com)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Resmi Dukung Anies-Muhaimin, NasDem: Tambahan Kekuatan Bagi Pasangan AMIN


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler