Sederet PR Besar Menanti Kapolri Jenderal Sigit

Kamis, 28 Januari 2021 – 09:39 WIB
Wakil Ketua Umum DPP PKB yang juga Wakil Ketua MPR RI, H. Jazilul Fawaid SQ, MA. Foto: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sederet pekerjaan rumah (PR) besar sudah menanti Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1).

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan PR pertama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ialah menyelesaikan persoalan di internal Polri.

BACA JUGA: Khofifah: Selamat Bertugas, Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Melanjutkan penguatan reformasi internal di jajaran Polri, yang sudah dilakukan beberapa Kapolri terdahulu.

“Ini perlu agar polisi menjadi polisi yang profesional dan terpercaya. Ya, kalau sekarang tambah lagi dapat memprediksi kamtibmas yang menjadi ancaman,” kata Jazilul, Kamis (28/1).

BACA JUGA: Kapolri Listyo Sigit Blak-blakan tentang Sosok Jenderal Idham Azis

Anggota Komisi III DPR yang karib disapa Gus Jazil ini menambahkan hal itu seperti disampaikan Listyo Sigit Prabowo yang memiliki motto Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan saat uji kelayakan dan kepatutan.

Ia menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga perlu melakukan konsolidasi internal, termasuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong.

BACA JUGA: Gus Jazil: Toleransi jadi Prasyarat Utama Sebuah Negara

”Intinya tantangan internalnya mereformasi jajaran kepolisian yang lebih mengayomi, melindungi, melayani untuk kepentingan kamtibmas,” ungkapnya.

PR kedua, lanjut Gus Jazil, bagaimana Kapolri baru bisa membantu pemerintah dan masyarakat untuk terhindar dari pandemi Covid-19 dengan menegakkan protokol kedisiplinan, sehingga aman dari ancaman corona.

Selain itu, lanjut dia, menciptakan iklim keamanan, investasi dan berusaha karena pandemi Covid-19 ini memiliki dampak pada sisi ekonomi yang memburuk.

Gus Jazil memahami bahwa hal ini bukan persoalan mudah, karena ekonomi bisa berkembang kalau keamanan terjamin.

"Ini tantangan yang berat juga. Jajaran Kepolisian harus memberikan jaminan rasa aman kepada pelaku usaha, baik pelaku usaha kecil menengah dari luar maupun dalam negeri, ini penting,” katanya.

PR ketiga, lanjut Gus Jazil, menuntaskan kasus-kasus yang selama ini ditangani jajaran Polri.

Wakil ketua umum DPP PKB itu menegaskan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik harus dituntaskan dengan cepat.

"Ini tantangan jangka pendeknya, menuntaskan berbagai kasus yang sekarang sedang ditangani. Apakah itu ujaran kebencian atau tindak pidana yang lain, media sosial yang sering kai dijadikan tempat untuk menyebar fitnah,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang segera pensiun, di Istana Negara, Rabu (27/1).

Selain dilantik menjadi Kapolri, Listyo Sigit juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari Komisaris Jenderal (Komjen) menjadi Jenderal, atau dari bintang tiga ke empat.

”Ya tentu kami mengucapkan selamat kepada Kapolri yang baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diangkat oleh Presiden dan juga disetujui oleh DPR. Mudah-mudahan sukses menjalankan amanat yang telah diberikan,” pungkas Gus Jazil. (*/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler