Segudang Manfaat Buah Pir, Rugi Kalau Sampai Dilewatkan

Jumat, 02 April 2021 – 13:40 WIB
Ilustrasi wanita. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Manfaat buah pir tak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat buah pir untuk kesehatan:

1. Memelihara Saluran Cerna

BACA JUGA: Jangan Coba-coba Konsumsi 6 Kombinasi Buah Ini, Fatal Akibatnya

"Buah pir kaya akan serat. Jadi sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan saluran cerna," ungkap dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

BACA JUGA: Indadari: Setop Mengaitkan Cadar Kami dengan Teroris!

Menurut dr. Astrid Wulan, kandungan vitamin C dan K dalam buah pir juga membantu seseorang menjaga daya tahan tubuh. Sama seperti buah lainnya, pir bisa dikonsumsi agar imunitas tubuh tetap prima.

3. Penting untuk Kesehatan Tulang

BACA JUGA: Benarkah Air Hangat Bisa Menghancurkan Lemak Tubuh?

Pir atau Pyrus memiliki nutrisi berupa tembaga, kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium dalam jumlah yang signifikan. Semua nutrisi ini berperan penting dalam kesehatan tulang. 

Meski jumlahnya tidak terlalu besar, kandungan-kandungan tersebut tetap berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang. 

4. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Khasiat buah pir berikutnya adalah berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian “Pear ripeness and tissue type impact procyanidin-cell wall interactions”, kandungan antioksidan procyanidin dalam pir disinyalir dapat menurunkan kekakuan di jaringan organ jantung. Selain itu, pir juga berkhasiat menurunkan kadar LDL (kolesterol “jahat”), serta meningkatkan HDL (kolesterol “baik”).

Jangan lupa, kulit pir punya kandungan antioksidan quercetin. Kandungan tersebut dianggap bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Antioksidan tersebut dapat mengurangi peradangan serta faktor risiko penyakit jantung, seperti hipertensi dan kadar kolesterol.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karakteristik buah pir adalah rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat. Kombinasi ini menjadikannya pir sebagai makanan ramah bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Diet tinggi serat dan air dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Manfaat pir yang satu ini pernah diteliti pada 2019, dalam riset berjudul “Influence of daily fresh pear consumption on biomarkers of cardiometabolic health in middle-aged/older adults with metabolic syndrome: a randomized controlled trial”.

Menurut studi itu, lingkar pinggang 40 orang dewasa yang makan 2 buah pir setiap hari bisa turun hingga 2,7 cm dalam 12 minggu.

6. Anti-kanker

Sifat antioksidan dalam buah pir berpotensi membunuh sel penyebab kanker di tubuh.

Kandungan ini terkenal dengan aktivitas anti-karsinogeniknya yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker. 

Menurut penelitian “Intakes of Fruit, Vegetables, and Specific Botanical Groups in Relation to Lung Cancer Risk in the NIH-AARP Diet and Health Study”, fitonutrien seperti flavonoid dan asam sinamat—yang juga ditemukan dalam pir—membantu menekan risiko kanker paru.

Antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga memungkinkan pertumbuhan sel baru dan sehat. Namun demikian, manfaat makan buah pir ini tidak bisa menggantikan pengobatan kanker.

7. Risiko Diabetes yang Lebih Rendah

Pir, terutama pir merah bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Satu studi dengan 200 ribu responden menemukan, makan 5 atau lebih porsi mingguan buah tinggi antosianin, termasuk pir merah, dikaitkan dengan 23 persen risiko diabetes mellitus tipe 2 yang lebih rendah.

Studi lainnya, yang dilakukan pada objek tikus mencatat, mengonsumsi senyawa tanaman, salah satunya antosianin, yang ada dalam kulit buah pir menunjukkan sifat anti-diabetes serta anti-inflamasi.

8. Mudah Ditambahkan Dalam Diet Harian

Rasa pir yang manis segar membuatnya mudah ditambahkan ke banyak sekali hidangan. Selain dimakan langsung, Anda bisa mencampurkan buah ini ke dalam salad, es buah, atau dibuat smoothies.

Namun demikian, menurut dr. Astrid, hindari konsumsi pir terlalu banyak. Sebab, buah ini cenderung manis dan mengandung lebih banyak fruktosa.

"Cukup 1 sampai 2 buah pir sehari sudah lebih dari cukup," kata dr. Astrid Wulan.

Ingat pula untuk memakan pir bersama kulitnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Pastikan juga Anda sudah mencuci buah pir hingga bersih.(klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Diet   Jantung   buah pir   pir   manfaat buah pir  

Terpopuler