Sehari, Lima Pasien Gangguan Jiwa

Senin, 08 April 2013 – 09:05 WIB
GUNUNGSUGIH – Angka gangguan jiwa di Kecamatan Seputihrahman, Lampung Tengah, terbilang tinggi.

Ini terbukti dari jumlah pasien gangguan jiwa yang ’’mengunjungi’’ Puskesmas Seputihrahman. Hingga pekan pertama, Maret 2013, jumlah pasien gangguan jiwa yang ditangani puskesmas mencapai 168 orang.

Dr. Intan Yuliana, dokter yang bertugas di Puskesmas Seputihrahman, mengatakan, hampir setiap hari ada kunjungan pasien pengidap gangguan jiwa. ’’Rata-rata ada empat sampai lima pasien tiap hari dengan gangguan jiwa yang datang ke puskesmas ini,’’ sebut Intan.

Menurutnya, angka kunjungan pasien ini akan membengkak setiap Rabu di minggu pertama. ’’Sebab, di hari itu ada dokter spesialis kejiwaan yang datang  ke puskesmas untuk menangani pasien,’’ urainya.

Saat itu, Intan mengaku kewalahan melayani pasien gangguan jiwa. Sebab, petugas medis yang ditempatkan di bagian pelayanan kejiwaan masih terbilang minim, hanya lima orang.

Menurutnya, selain memberikan pelayanan berobat jalan bagi pasien, petugas puskesmas pun mempunyai agenda kerja home care. Yakni melakukan kunjungan ke pasien di mana dianggap memerlukan perhatian ekstra dengan tingkat gangguan kejiwaan yang parah.

Salah satu pasien yang dianggap perlu untuk dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Kurungan Nyawa yang ada Lampung adalah Mujito. Pria berusia 30 tahun, warga Rukiharjo, Kecamatan Seputihmataram, itu hanya dirawat di Puskesmas Seputihrahman lantaran ekonomi keluarga yang jauh dari kecukupan.

Kepala Dusun Rukiharjo Jainul Abidin mengatakan, gangguan kejiwaan yang diderita Mujito sudah menahun. ’’Sudah hampir lima tahun, Mas. Kalau boleh dibilang, dia mulai tidak bisa ’’mengendalikan diri’’ setelah gagal menikah dengan wanita pujaan hatinya,’’ tutur Jainul.

Ia menyebutkan, selama dirawat di rumahnya, belum ada bantuan dari pihak terkait untuk proses penyembuhan salah satu warganya itu. Justru Puskesmas Seputihrahman dengan segala kekurangan fasilitas pelayanan yang  rutin mengunjungi Mujito. (jar/c3/adi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sumba Timur Tunggu Realisasi Janji SBY

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler