Selain Banjir, Jangan Lupa Premanisme

Rabu, 18 April 2012 – 20:51 WIB

JAKARTA-Sejarahwan Betawi, JJ.Rizal menguraikan beberapa persoalan yang harus dicari jalan keluarnya oleh gubernur Jakarta periode mendatang. Persoalan utama yang harus diatasi yakni bencana banjir yang menghampiri Jakarta tiap tahun.

Rizal meragukan calon gubernur yang berjanji akan mengatasi masalah banjir dalam waktu sekejap. Ia menegaskan, masalah banjir di Jakarta tak bisa diatasi dalam kurun waktu 3 sampai 5 tahun.

"Penghuni paling tua di Jakarta itu ada dua, nyamuk sama banjir. Jadi menghadapi bahaya purba, dan seluruh riset mengakui nggak mungkin bisa diselesaikan 10 hingga 15 tahun," kata Rizal dalam acara diskusi mengenai pemilukada DKI di gedung The Indonesian Institute, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (18/4).

Masalah lain yang menjadi pekerjaan rumah gubernur Jakarta yang baru yakni mengatasi peran ganda Jakarta sebagai provinsi dan ibu kota negara. Menurut Rizal, peran ganda Jakarta tersebut telah membentuk kesenjangan dengan daerah lainnya.

"Nah ini juga persoalan. Misalnya itu menyangkut dengan daerah sekitar dengan DKI Jakarta. Juga hubungan antara tempat-tempat yang dikuasai dengan pemerintah nasional dan dikuasai Pemprov," ujar Rizal.

Rizal menambahkan, masalah premanisme politik juga menjadi tantangan bagi para pasangan cagub. Begitu juga dengan sistem birokrasi di Jakarta yang masih rentan korupsi. "Sistem birokrasi Pemda DKI yang kerjanya kendor main korupsinya kuat," imbuh Rizal. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ijazah Pemenang Pilkada Kolut Disoal di MK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler