Selain Buah dan Sayur, 5 Makanan Ini juga Bikin Kulit Sehat

Selasa, 13 November 2018 – 19:06 WIB
Olahan dari kedelai.

jpnn.com - Memiliki kulit sehat menjadi idaman semua orang, khususnya kaum hawa. Bahkan, mereka rela mengeluarkan budget selangit untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Tapi tahukah Anda bahwa memiliki kulit yang sehat bukan hanya bisa didapat dari perawatan kecantikan. Tapi juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi serta pola hidup sehat.

BACA JUGA: Makan Tiga Bar Cokelat Bisa Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Untuk itu, ada baiknya Anda mulai memerhatikan konsumsi makanan jika ingin memiliki kulit yang sehat. Selain buah dan sayur, ada beberapa makanan yang berguna sebagai menunjang kesehatan kulit.

Seperti dilansir dari Healthline, Senin (12/11), setidaknya ada lima makanan selian buah dan sayur yang bisa dikonsumsi.

BACA JUGA: Hannah Al Rashid Berbagi Rahasia Memiliki Kulit Sehat

1. Biji Bunga Matahari

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang baik untuk meningkatkan nutrisi kulit. Contoh kacang-kacangan tersebut adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E, selenium, seng, dan protein.

BACA JUGA: Kementan Lepas Kedelai Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2

2. Ubi Jalar

Beta-karoten adalah nutrisi yang dapat ditemukan pada tumbuhan. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai provitamin A, yang berarti dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda. Beta-karoten ditemukan pada jeruk dan sayuran seperti wortel, bayam dan ubi jalar.

Oleh karena itu, ubi jalar adalah sumber yang sangat baik untuk menjaga kulit Anda sehat sebagai tabir surya alami. Ketika dikonsumsi, antioksidan ini masuk ke dalam kulit Anda dan melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Ini dapat membantu mencegah sengatan matahari, sel kulit mati dan kulit kering yang keriput.

3. Paprika Merah atau Kuning

Seperti ubi jalar, paprika merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik, yang diubah oleh tubuh Anda menjadi vitamin A. Mereka juga salah satu sumber vitamin C terbaik, yang diperlukan untuk menciptakan kolagen protein agar menjaga kulit tetap sehat.

4. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang dapat bermanfaat bagi beberapa bagian tubuh, termasuk kulit Anda. Satu penelitian kecil pada perempuan paruh baya menemukan bahwa makan isoflavon kedelai setiap hari selama 8–12 minggu mengurangi kerutan halus dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pada wanita pasca-menopause, kedelai juga dapat memperbaiki kulit yang kering dan meningkatkan kolagen, juga membantu menjaga kulit Anda tetap halus. Isoflavon ini juga melindungi sel-sel di dalam tubuh Anda dari radiasi UV yang dapat membantu mencegah kanker kulit.

5. Cokelat Hitam

Kabar baik bagi penyuka cokelat, selain enak juga bisa memiliki efek baik pada kulit. Sebuah penelitian oleh peserta yang mengonsumsi bubuk cokelat antioksidan tinggi setiap hari, setelah 6–12 minggu ia mengalami kulit yang lebih tebal dan lebih terhidrasi.

Kulit mereka juga lembut, tidak sensitif terhadap sengatan matahari dan memiliki aliran darah yang lebih baik. Sehingga membawa lebih banyak nutrisi ke kulit Anda. Pastikan untuk memilih cokelat hitam dengan setidaknya 70 persen kakao untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan kurangi gula. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kacang Kedelai dan Kaitannya dengan Kesehatan Pria


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler