Kacang Kedelai dan Kaitannya dengan Kesehatan Pria

Jumat, 29 Juni 2018 – 21:27 WIB
Olahan dari kedelai.

jpnn.com - Beberapa ahli diet dan ilmuwan memuji kacang kedelai rendah merupakan komposisi vegan-friendly, bebas lemak dan kaya protein.

Namun, peniliti lain berpendapat bahwa kacang kedelai menghambat hormon reproduksi laki-laki.

BACA JUGA: Harga Kedelai Naik, Tahu Tempe jadi Tipis

Ketika menyangkut pria dan kedelai, mayoritas masalah yang diduga terjadi adalah seputar fungsi seksual dan hormon seks.

Studi tahun 2011 meneliti efek kedelai pada seorang pria berusia 19 tahun yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar sebagai bagian dari pola makan vegan.

BACA JUGA: Jatim Impor 48 Ribu Ton Kedelai dari Amerika Serikat

Setelah analisis yang cermat, konsumsi kedelainya dikaitkan dengan DE dan hiposeksualitas. Tingkat testosteronnya juga turun drastis.

Namun, seperti dikemukakan oleh ahli nutrisi Harley Street, Rhiannon Lambert, penelitian ini dilakukan hanya dengan satu peserta yang juga merupakan diabetes tipe satu dan oleh karena itu mungkin ada faktor tambahan memengaruhi hasilnya.

BACA JUGA: Wagub Sumbar: Produksi Kedelai Sumbar Anjlok

"Kami tidak mungkin menerapkan kesimpulan satu studi berdasarkan satu laki-laki saja," kata Lambert, seperti dilansir laman Independent.

Ahli gizi Nichola Ludlam Raine mengatakan, salah satu kesalahpahaman umum seputar kedelai adalah bahwa hal itu menyebabkan ketidakseimbangan hormon testosterone and meningkatkan produksi hormon oestrogen.

Baik Lambert dan Ludlam-Raine menganjurkan konsumsi kedelai sebagai bagian dari diet yang sehat, terutama bagi mereka yang mengikuti rencana berbasis tanaman.

"Konsumsi produk kedelai yang teratur dan moderat juga bisa mengurangi kadar kolesterol sebagaimana terbukti dalam banyak penelitian," jelas seorang juru bicara untuk British Dietetic Association.

Minuman kedelai sebagai alternatif susu tidak diragukan lagi merupakan pilihan bebas susu terbaik jika Anda vegan, karena memiliki tingkat protein yang jauh lebih tinggi daripada alternatif seperti kacang atau minuman beras yang dipasarkan sebagai alternatif susu.

Kacang kedelai juga bisa memberikan kontribusi untuk asupan serat Anda.

"Kedelai adalah sumber protein lengkap yang membuatnya ideal bagi pria yang mengikuti diet vegetarian atau vegan," pungkas Ludlam-Raine.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Karantina Mamuju Siap Kawal Sulbar Wujudkan Target Produksi Pangan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kedelai  

Terpopuler