Selain Garam, Makanan Ini juga Kaya akan Yodium

Rabu, 08 Januari 2020 – 23:42 WIB
Tambak Garam. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Garam menjadi salah satu sumber yodium yang paling terkenal. Yodium memang sengaja ditambahkan ke dalam garam agar asupan yodium Anda terpenuhi dengan baik.

Mengapa? Karena yodium penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, terutama pada anak kecil.

BACA JUGA: Kimia Farma Masih Jadi Pemasok Yodium untuk Industri Garam

Yodium juga memegang peran penting dalam metabolisme tubuh kita. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa makanan yang mengandung yodium bukan hanya garam. Masih banyak makanan lainnya yang menjadi sumber yodium. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (7/1).

BACA JUGA: Agar Otak Bayi Optimal, Ibu Hamil Harus Tingkatkan Kadar Yodium

1. Rumput Laut

1 gr rumput laut bisa mengandung 16 hingga 2.984 mcg yodium, yang memenuhi 11 persen hingga 1.989 persen dari AKG nutrisi. Berbagai jenis rumput laut yang kaya yodium termasuk Nori, Kombu Kelp, dan Wakame.

BACA JUGA: Ketahui Perbedaan antara Garam Beryodium dan Garam Laut

2. Cod

3 ons cod mengandung 99 mcg yodium, yang memenuhi 66 persen dari AKG nutrisi. Cod relatif rendah lemak dan kalori, tetapi kaya akan yodium. Tetapi jumlah yodium dalam cod tergantung pada daerah di mana ikan ditangkap.

3. Susu

1 cangkir susu mengandung 56 mcg yodium, yang memenuhi 37 persen dari AKG nutrisi. Yodium juga ada dalam ASI. Bayi menerima yodium yang mereka butuhkan dari ibu mereka. Nutrisi membantu perkembangan neurologis bayi.

4. Garam Beryodium

1,5 g garam beryodium mengandung 71 mcg yodium, yang memenuhi sekitar 47 persen dari AKG nutrisi. Garam iodisasi kini dianggap sebagai pendekatan yang berguna untuk mengurangi defisiensi yodium dalam populasi. Batas atas yodium adalah 1.100 mcg, dan ini setara dengan sekitar empat sendok teh (23 gram) garam meja beryodium.

5. Udang

3 ons udang mengandung 35 mcg yodium, yang memenuhi 23 persen dari AKG nutrisi. Makanan laut yang populer ini juga kaya akan yodium. Tetapi pastikan Anda mengonsumsi udang bersama dengan cangkangnya karena cangkang itu mengandung konsentrasi yodium yang lebih tinggi. Udang juga mengandung astaxanthin, antioksidan penting yang memberinya warna merah.

6. Macaroni

1 cangkir makaroni rebus dan diperkaya mengandung 27 mcg yodium, yang memenuhi 18 persen dari AKG nutrisi. Pasta kering yang terbuat dari gandum durum ini juga bermanfaat bagi Anda.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler