Selain Hilirisasi & IKN, Irwan Fecho: Pak Prabowo Berkomitmen untuk Pelaksanaan Ekonomi Hijau

Senin, 02 September 2024 – 12:03 WIB
Anggota DPR RI Dapil Kaltim yang juga Ketum IKA SKMA Irwan Fecho. Foto: dokpri

jpnn.com - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho menilai keyakinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan program strategis yang sedang berjalan, adalah sebuah optimisme.

Beberapa keberlanjutan program yang dinilai penting oleh Presiden Jokowi, antara lain tentang hilirisasi dan pembangunan ibu kota nusantara (IKN), serta ekonomi hijau.

BACA JUGA: Ssst, Jokowi Titipkan Kelanjutan Proyek Ini kepada Prabowo

"Keyakinan Presiden Jokowi tentang komitmen presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan hilirisasi dan pembangunan IKN menurut saya merupakan sebuah harapan dan optimisme dari Pak Jokowi kepada kepemimpinan Pak Prabowo ke depan," ujar Irwan di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Irwan yang juga mantan juru bicara TKN Prabowo-Gibran itu menilai keyakinan tersebut sangat rasional mengingat hilirisasi dan kelanjutan pembangunan IKN masuk dalam asta cita dan 17 prioritas program Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Masinton Sentil KPK soal Blok Medan & Skandal Jet Pribadi yang Dinaiki Kaesang

"Indonesia kaya sekali akan sumber daya alam dan sangat potensial untuk dilakukan hilirisasi terutama yang sangat dekat dengan ekonomi rakyat, seperti produk-produk pertanian dan perkebunan termasuk yang sekarang existing seperti produk sawit, migas, dan pertambangan," tuturnya.

Begitu pula dengan IKN. Irwan menyebut pembangunan ibu kota negara yang baru di Kaltim itu sudah berjalan di kawasan inti pusat pemerintahan.

BACA JUGA: Prabowo Membocorkan Sebagian Isi Kabinetnya di Depan Jokowi

"Tentu ini akan dituntaskan sambil mengembangkan IKN dengan optimalisasi pembangunan dari sektor swasta dalam dan luar negeri," ujar politikus Partai Demokrat itu.

Irwan yang juga ketua umum Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) menambahkan bahwa hal mendesak lainnya adalah menjamin pelestarian lingkungan hidup dan hutan.

"Pak Prabowo komitmen untuk pelaksanaan ekonomi hijau dan memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya dengan masyarakat termasuk masyarakat hukum adat," kata Irwan Fecho.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menitipkan keberlanjutan proyek hilirisasi industri hingga pembangunan IKN kepada Prabowo Subianto yang menjadi Presiden terpilih RI periode 2024—2029.

Menurut Jokowi, keberlanjutan program kerakyatan, baik itu pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM), sangat penting.

"Baik itu keberlanjutan hilirisasi industri, IKN, maupun ekonomi hijau," kata Presiden Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Presiden ketujuh RI itu dalam sambutan saat apel kader dan penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu malam (31/8/2024).(fat/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler