Selain Makin Interaktif, Fitur Status WhatsApp Dapat Pembaruan Lain

Minggu, 09 Juni 2024 – 11:40 WIB
Ilustrasi pengguna WhatsApp: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selain dibuat lebih interaktif, fitur Status WhatsApp juga mendapat pembaruan lain dalam hal peringkat status terbaru.

Pembaruan fitur tersebut ialah memprioritaskan pembaruan status dari kontak terpenting pengguna.

BACA JUGA: WhatsApp Memperbarui Fitur Status yang Lebih Interaktif

Alih-alih membuat pengguna melihat pembaruan status dari teman-teman di kontak dalam urutan kronologis seperti sekarang, WhatsApp ingin mengatur pembaruan status berdasarkan faktor lain.

Misalnya, seberapa sering pengguna berinteraksi dengan masing-masing kontak, dan seberapa sering pengguna mengirim pesan ke mereka.

BACA JUGA: WhatsApp Business Menerima Banyak Pembaruan, Ada Fitur Panggilan

Status yang akan segera kedaluwarsa nantinya juga bakal masuk dalam daftar pemeringkatan, sehingga pengguna tidak akan kehilangan momen untuk melihat status dari kontak terkait.

Pembaruan status yang dirilis oleh WhatsApp pastinya tetap akan ditempatkan di urutan teratas, agar pengguna tidak melewatkan pengumuman penting dari aplikasi.

BACA JUGA: WhatsApp Kembangkan Fitur Message Reaction

Pengguna yang jeli mungkin dapat menemukan tidak adanya stempel waktu pada pembaruan status.

Desain itu sengaja dirancang, karena WhatsApp ingin mengalihkan fokus dari pembaruan status terkini ke pembaruan status paling relevan.

Semua data yang digunakan untuk pembaruan peringkat status tetap ada di perangkat pengguna, sehingga privasi pengguna tidak terganggu.

Namun, jika pengguna memasang ulang WhatsApp atau menautkan perangkat baru maka sistem peringkat akan diatur ulang, sehingga aplikasi akan memerlukan waktu untuk mempelajari kembali preferensi peringkat pengguna dalam melihat status.

Selain itu, apabila satu akun WhatsApp digunakan di beberapa perangkat maka urutan pembaruan statusnya mungkin sedikit berbeda, karena perbedaan riwayat obrolan yang disinkronkan.

Saat ini, fitur peringkat pembaruan status hanya tersedia untuk penguji WhatsApp beta di Android dalam jumlah terbatas.

Fitur itu mungkin akan diluncurkan untuk khalayak yang lebih luas setelah penerapannya terbukti berhasil dalam pengujian.

Sebelumnya, berdasarkan laporan WABetaInfo, pengguna WhatsApp nantinya dapat me-mention orang lain di Status, seperti di Instagram dan pengguna yang dimention akan mendapatkan notifikasi.

Detailnya kontak yang di-tag akan langsung mendapatkan notifikasi saat pengguna membagikan statusnya.

Fitur baru ini diyakini akan membuat status WhatsApp menjadi lebih interaktif. (phonearena/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Permudah Pengguna, WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur Channel Terbaru


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler