Selalu Pelajari Karakter Tendangan

Sabtu, 31 Juli 2010 – 06:51 WIB
PAHLAWAN - Ferry Rotinsulu, sang pahlawan Sriwijaya FC di laga semifinal kontra Persipura. Foto: JPNN/arsip.
Kemenangan tim lewat adu penalti sedikit banyak ditentukan oleh mental pemainNamun, di antara para eksekutor tersebut, penjaga gawang yang lebih memikul beban berat

BACA JUGA: Alberts Usulkan Wasit Asing

Sebab, pilar terakhir ada di penjaga gawang
Salah satunya adalah Feri Rotinsulu, penjaga gawang Sriwijaya FC

BACA JUGA: Persik v Persipura: Tetap Ngotot

Apa rahasianya?

Laporan SIDIK MAULANA TUALEKA, Sidoarjo

PAGI
itu (28/7), cuaca Kota Surabaya sedang tidak bersahabat
Hujan sejak pagi juga belum reda

BACA JUGA: Rafael Marquez Belum Menyerah

Kondisi tersebut membuat para penggawa Sriwijaya FC hanya bisa memanfaatkan fasilitas ruangan salah satu hotel di Surabaya untuk bersantai.

Di salah satu meja, terlihat Ponaryo Astaman, Arif Suyono, Hendro Kartiko dan Feri Rotinsulu terlihat santai bercengkaramaTidak tahu apa yang mereka perbincangkan, namun canda dan tawa lebih mendominasi diskusi mereka.

Salah satunya adalah Feri Rotinusulu, pemain berusia 28 tahun itu lebih terlihat semangat dari tiga pemain yang lainYang pasti mereka sedang bahagiahMaklum saja, tim mereka Sriwijaya FC baru saja lolos ke babak final Piala IndonesiaItu setelah Laskar Wong Kito, julukan lain Sriwijaya FC berhasil taklukn Persipura Jayapura lewat adu penalti di Gelora Delta Sidoarjo, selasa lalu.

"Siapa saja pasti bangga dengan hasil itu (kemenangan atas Persipura, Red)Apalagi, dengan hasil itu kami telah menginjakkan satu kaki lebih dulu menjadi juara," ungkap Feri, saat dimintai komentar tentang hasil pertandingan malam itu.

Memang, diantara sejumlah pemain yang lain, Feri pantas memiliki perasaan lebihSebab, dia yang menjadi biang penentu kemenangan Sriwijaya FCBagaimana tidak, ayah dari Andrea Syahria Rotinusulu itu, berhasil mengagalkan dua gol dari Mutiara Hitam, julukan lain Persipura JayapuraYakni, masing-masing tendangan Victor Ibognefo dan Gerald Pangkaly.

Sebelumnya, dia melakukan hal yang sama saat Sriwijaya bertemu Persipura di final Copa Indonesia 2007 di Gelora Bung Karno, JakartaKala itu, penajaga gawang kedua timnas Indonesia tersebut juga berhasil menepis dua tendangan pemain PersipuraYakni Eduardi Ivakdalam dan David Daroca.

'Sebenarnya, tidak ada persiapan khsusus untuk mengantisipasi tendangan merekaSemuia itu tergantung kata hati dan keyakinan kemana arah bolaAkan tetapi, saya juga sering pelajari karakter setiap pemain dengan pola tendangan mereka masing-masingDan pantauan itu saya lakukan diwaktu 2X45 menit,' tutur suami dari Anisa Katarima itu.

Pria berdarah Manado yang lahir di Palu itu mencontohkan, seperti Boaz Salosa, Eduard Ivakdalam, serta Victor IgbonifoSaat pertandingan normal, ketiga pemin itu punya kebiasaan menendang bola dalam bentuk pasing'Jadi, kalau sudah seperti itu, pasti dalam mengeksekusi penalti bola yang dihasilkan juga sama, itu yang membuat saya lebih percaya diri untuk memblokir tendangan mereka,' ungkap anak kedua dari empat bersaudara itu.

Namun, meskipun memiliki kemampuan khusus, anak pasangan Edy dan Amonda Rotinsulu itu, kurang mendapat tampat saat masuk skuad Timnas PSSIDia hanya menjadi kiper pengganti jika Horison Maulana, kiper pertama tidak bisa turunMeskipun begitu, Feri tidk kecewa, bagi dia menjadi yang pertama atau kedua semuanya ada ditangan pelatih.

'Paling utama, saya harus bersikap profesionalYakni melakukan latihan secara baikSebab, prestasi dan karir secara otomatis akan mengikuti kalau kualitas kita bagus,' bilang pemain yang punya hobi main Play Station itu.

Indra Yadi, pelatih kiper Sriwijaya FC, mengatakan bahwa dengan kualitas Feri itu, dia sangat layak untuk menjadi kiper utama timnas'Apalagi, dia punya banyak pengalaman di pentas sepak bola internasional saat membela Sriwijaya FC di Liga Champion Asia,' ungkap Indra(*/ito/jpnn)

Data Diri
Nama: Feri Rotinsulu
Lahir: Palu, 28 Desember 1982
Posisi: Penjaga Gawang
Karir Klub:
2000-2002 - Persepal Palu
2003-2004 - Persijatim Solo
2004-2010 - Sriwijaya FC
Karir Timnas:
2005 - Timnas Sea Games
2006 - Timnas Asian Games
2007 - Timnas Piala Asia

BACA ARTIKEL LAINNYA... AUF Coret Luis Suarez ?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler