Selamat! Emoji Movie Dinobatkan Film Terjelek 2017

Senin, 05 Maret 2018 – 06:17 WIB
Poster The Emoji Movie. Foto: Youtube

jpnn.com - Pagi ini (5/3) penghargaan tertinggi untuk film-film terbaik di dunia, Academy Awards Ke-90, digelar. Sehari sebelumnya, Golden Raspberry Awards lebih dulu memberikan ’’kehormatan’’ buat film-film terburuk.

Emoji Movie berhasil menjadi pemenang (atau pecundang?) besar tahun ini. Selain film besutan Tony Leondis tersebut, siapa saja yang merebut penghargaan yang lebih populer disebut Razzie Awards itu? (adn/c19/na)

BACA JUGA: The Emoji Movie, Tetap Laku Meski Dibenci Kritikus

 

Film Animasi Pertama

The Emoji Movie mendominasi Razzie Awards tahun ini. Film produksi Sony Pictures itu tak hanya memenangkan penghargaan tertinggi Worst Picture. Tapi juga Worst Screen Combo untuk duo mana pun yang muncul di film, Worst Screenplay untuk Tony Leondis dan Worst Director, juga Leondis.

Tentu saja tidak ada yang hadir menerima piala berbentuk raspberry karena memang seremoninya tidak ada. Pemenang hanya diumumkan lewat video. ’’Memimpin daftar film yang gagal tahun ini adalah karya berbasis emoticon dan poop yang berbicara.’’ Begitu pernyataan pihak Razzies dalam video yang diunggah kemarin (4/3).

The Emoji Movie mengalahkan lima nomine lain. Yakni Baywatch, Fifty Shades Darker, The Mummy, dan Transformers XVII: The Last Knight. Ia menjadi film animasi pertama yang meraih ’’penghargaan’’ itu dalam 38 tahun penyelenggaraan Razzie. Prestasi buruk tersebut tidak mengherankan. Sejak awal, film yang diisi suara oleh TJ Miller dan James Corden itu sempat mendapat skor 0 persen di Rotten Tomatoes.

 

Tom Cruise

Menurut pengakuan sutradara The Mummy, Alex Kurtzman, Tom Cruise menjalani syuting dengan totalitas. Sebanyak 90 persen scene ketika pesawat jatuh adalah asli. Cruise dan para kru melakukan syuting di dalam NoveSpace. Tempat zero-gravity itu biasanya digunakan NASA untuk melatih astronot. Adegan itu dilakukan 60 kali dalam dua hari. Cruise sampai babak belur dan memar demi memperoleh adegan yang sempurna.

Namun, hal itu tidak otomatis membuat akting Cruise di The Mummy diapresiasi. Mantan suami Katie Holmes tersebut dihadiahi gelar Worst Actor atas perannya sebagai Nick Morton.

 

Para Pemenang Oscar

Siapa bilang pemenang Oscar bisa luput dari Razzie? Mel Gibson misalnya. Tahun ini dia memenangkan Worst Supporting Actor atas perannya dalam film Daddy’s Home 2. Padahal, tahun lalu dia adalah kontender Best Director di Academy Awards berkat karyanya, Hacksaw Ridge. Dia juga pernah memenangkan Best Actor pada 1996 untuk film Braveheart.

Pemenang Worst Supporting Actress, Kim Basinger, juga serupa. Pemeran Elena Lincoln dalam Fifty Shades Darker itu pernah membawa pulang piala Oscar pada 1998. Yakni untuk kategori Best Supporting Actress dalam film LA Confidential.

 

In Memoriam

Razzie punya ’’hadiah’’ spesial untuk para pelaku kejahatan seksual di Hollywood. Mereka mempersembahkan sebuah video dalam kenangan, yang biasanya memuat individu-individu yang telah meninggal. Dalam video itu tampak paling besar adalah foto Harvey Weinstein. Sebagaimana telah diberitakan, bos The Weinstein Company itu dituduh melakukan pelecehan seksual kepada sejumlah perempuan. Di antaranya Uma Thurman, Rose McGowan, Ashley Judd, dan Salma Hayek. Perbuatannya itu memicu gerakan Time’s Up.

Di belakang foto Weinstein tampak beberapa foto aktor, filmmaker, dan orang-orang di Hollywood yang melakukan kejahatan serupa. Ada Donald Trump, Kevin Spacey, Bill Cosby, Casey Affleck, James Franco, Brett Ratner, Woody Allen, dan Steven Seagal. ’’Maaf, tapi kami tidak akan merindukanmu –termasuk kebaikanmu,’’ kata Razzie.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler