Selamat, Pemkab Sumedang Raih 2 Penghargaan di Ajang Anugerah Merdeka Belajar 2024

Senin, 08 Juli 2024 – 11:34 WIB
Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli (tengah) saat menerima penghargaan di ajang Anugerah Merdeka Belajar 2024 yang diselenggarakan Kemendikbudristek di Plenary Hall Jakarta Convention Centre (JCC), Jum'at (5/7). Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang meraih dua penghargaan dalam acara Anugerah Merdeka Belajar bagi Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Ajang penghargaan tersebut diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Plenary Hall Jakarta Convention Centre (JCC), Jum'at (5/7).

BACA JUGA: GovTech Diluncurkan, Pj Bupati Yudia Ramli Siap Genjot Kemajuan SPBE di Sumedang

Dalam ajang tersebut, Pemkab Sumedang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dari enam kategori, yakni kategori Transformasi Pembelajaran dan kategori Program Indonesia Pintar (PIP)

Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli mengaku bangga atas diraihnya penghargaan tersebut.

BACA JUGA: Pj Bupati Yudia Ramli Optimistis Musrenbangnas Tonggak Terwujudnya Indonesia Emas 2045

"Kami merasa bangga dan bersemangat atas diraihnya penghargaan ini. Tentunya ini akan menjadi motivasi bagi kami, khususnya Dinas Pendidikan untuk terus mengimplementasikan Merdeka Belajar di Kabupaten Sumedang," kata Pj Bupati Yudia Ramli dalam keterangan resminya, Senin (8/7).

Yudia mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang atas perjuangan yang telah diraih sampai dengan saat ini.

BACA JUGA: Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli Siap Tuntaskan Program Prioritas 2024

"Keberhasilan ini adalah hasil kerja bersama dengan seluruh kepala sekolah, dari mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan kelompok-kelompok belajar yang ada di Kabupaten Sumedang sehingga pada akhirnya kita berhasil meraih anugerah ini," ungkapnya.

Dia pun menegaskan Pemkab Sumedang telah berkomitmen bersama seluruh jajaran Dinas Pendidikan, kepala sekolah, masyarakat dan insan-insan yang ingin memajukan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas di daerah ini.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 ini," ucap Pj Bupati Sumedang.

Ketua pelaksana Anugerah Merdeka Belajar Kemendikbudristek Muhammad Hasbi menyampaikan tujuan penyelenggaraan ajang ini.

Pertama, menghargai kinerja pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah bergotong royong dengan pemerintah pusat untuk melaksanakan berbagai kebijakan strategis pendidikan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga sekarang.

"Kedua, kami juga ingin mendorong pemda untuk berbagi praktik baik dengan pemda yang lain sehingga nanti kebijakan Merdeka Belajar ini akan semakin meluas pelaksanaannya di berbagai daerah," terang Muhammad Hasbi.

Tujuan berikutnya, lanjut dia, mendorong Pemda agar semakin mampu mencapai standar pelayanan minimal pendidikan yang ada di daerah masing-masing.

"Adapun enam kategori penghargaan yang diberikan kepada Pemda yaitu Transformasi Pembelajaran, Transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan, Transformasi Pengelolaan Pendidikan, Transformasi Anggaran pendidikan, Transformasi Pendidikan Vokasi, dan Program Indonesia Pintar (PIP)," sebutnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler