Selamat, Sandiaga Uno Umumkan Peraih Film Terbaik di Family Sunday Movie Periode Maret

Selasa, 22 Maret 2022 – 15:58 WIB
Inilah peraih official selection pada Family Sunday Movie (FSM) periode Maret 2022. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Film 'Bagurau' karya sutradara Yuditia Leo Andhika akhirnya terpilih meraih peringkat pertama pada Family Sunday Movie (FSM) periode Maret 2022.

Film pendek yang diproduksi Komunitas Seni Hitam-Putih dan Relarugi Foundation itu terpilih menjadi yang terbaik melalui tahapan seleksi dan kurasi dari 153 submisi yang terdaftar di periode Maret.

BACA JUGA: Family Sunday Movie 2022 Resmi Dibuka! Simak Jadwal dan Syarat Pendaftarannya

Sementara itu, peringkat kedua diraih film berjudul 'Memorabilia' karya sutradara Albertus Nico Wicaksono dan produksi Jogja Film Academy.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya dan salut terhadap tim produksi film Bagurau yang mengangkat budaya Minangkabau dengan cara unik maupun Film Memorabilia dengan kisah drama keluarga yang menyentuh hati.

BACA JUGA: Kesempatan Terbuka! Sandiaga Uno Ajak Sineas Lokal Daftarkan Karya di FSM Periode Maret

"Selamat jadi agen kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Sandiaga juga mengaku bangga dengan sineas muda yang berperan aktif dalam percepatan pemulihan ekonomi melalui subsektor perfilman.

BACA JUGA: FSM Periode Maret Sudah Dibuka, Sandiaga Uno Ajak Sineas Muda Daftarkan Karya Terbaiknya

Setidaknya dari 153 submisi yang sudah terdaftar di periode Maret, 129 merupakan pendaftar baru.

Menurut Sandiaga, hal ini menunjukkan banyak potensi kreatif dari sineas lokal yang akhirnya dapat tersalurkan melalui FSM.

Kemenparekraf telah menyiapkan berbagai apresiasi bagi kedua film terpilih, di antaranya sertifikat, hadiah uang tunai, suvenir Wonderful Indonesia dan kit FSM.

Selain itu, penayangan poster film di sejumlah area, seperti digital screen area gedung Kemenparekraf yang meliputi lift, lobi lantai 1, depan kantin lantai 1, dan lobi-lobi lantai 2 sebagai bagian dari ekshibisi.

Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan.

Film dengan jumlah viewers terbanyak, kata Sandiaga, mendapat hadiah tambahan lagi berupa uang tunai.

Film Bagurau dan Memorabilia ini otomatis menjadi nominasi pada Annual Awards FSM yang diselenggarakan pada November mendatang bersama film-film terpilih lainnya.

Sandiaga juga mengimbau kepada peserta yang belum terpilih agar tidak patah semangat dan mencoba peluang di bulan selanjutnya.

“Peserta yang filmnya masih belum terpilih tetap semangat karena masih ada kesempatan untuk mengirimkan karya yang lebih baik lagi di bulan depan," ujar Sandiaga.

 Dia mengatakan para sineas muda untuk mengerahkan segala potensi yang ada.

"Kita bangkitkan ekonomi kreatif dengan berkarya #DiIndonesiaAja karena MAHAKARYA akan selalu menemukan jalannya," pesan Menparekraf Sandiaga Uno. (mrk/jpnn)

 


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler