Selangkah Lagi Jadi WNI, Marc Klok Diproyeksikan Memperkuat Timnas Indonesia

Senin, 05 Oktober 2020 – 19:51 WIB
Marc Klok saat awal proses naturalisasi. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemain Persija Jakarta Marc Anthony Klok selangkah lagi akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain asal Belanda itu semakin mulus langkahnya untuk menjadi WNI setelah mendapatkan bantuan dari Ketua Umum PSSI M Iriawan.

BACA JUGA: Makam Pegawai Kejari Itu Dibongkar, Taufik Hidayat Ternyata Korban Pembunuhan, Bukan Bunuh Diri

Proses naturalisasi pemain kelahiran kelahiran Amsterdam, Belanda pada 20 April 1993 silam itu sejatinya memang cukup panjang.

Sebelum berpindah ke Persija, sejak masih memperkuat PSM Makassar pada awal 2019 lalu, Marc Klok sudah memulai usahanya untuk jadi WNI.

BACA JUGA: Pembunuh Sadis Ini Akhirnya Dibekuk, Tak Butuh Waktu Lama, Terima Kasih, Pak Polisi

Jalan menjadi WNI semakin lapang setelah Marc Klok dan PSSI sebagai pihak yang mengupayakan dirinya jadi WNI, pada Senin (5/10), mengikuti rapat kerja virtual pembahasan untuk pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia bersama Komisi III DPR.

Selain itu, ada juga Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

BACA JUGA: Naturalisasi Gelandang Persija Marc Klok Tinggal Menunggu Tahap Ini

Dari hasil raker virtual tersebut, akhirnya didapatkan kesimpulan bahwa ketiga lembaga negara tersebut telah menyetujui Marc Klok menjadi WNI.

Ketua Umum PSSI M Iriawan menjelaskan, PSSI sejauh ini menyambut baik Marc Klok yang selangkah lagi menjadi WNI.

Harapannya, Klok nantinya dapat dimainkan oleh Timnas Indonesia.

"PSSI ikut senang Marck Klok segera sah menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia. Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta," kata Iriawan, Senin.

Menurut pria yang karib disapa Iwan Bule tersebut, langkah PSSI membantu proses naturalisasi pemain 27 tahun tersebut sebagai langkah selektif, karena tidak sembarang pemain bisa dinaturalisasi.

BACA JUGA: Gelar Resepsi Pernikahan di Tengah Pandemi, Kasat Intel Polres Sergai Dicopot

"Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI," tandasnya. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler