Selebrasi Bersama di Pestapora 2024

Laporan Dedi Yondra, Jakarta

Kamis, 26 September 2024 – 07:17 WIB
Bernadya saat tampil dalam Pestapora 2024 di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada Sabtu (21/9). Foto: Dedi Yondra / JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang masuk area Pestapora 2024, tulisan 'Gembira, Bahagia, Membekas, Berselebrasilah', terpampang di gerbang masuk.

Tulisan selamat datang itu menyambut kehadiran puluhan ribu penonton yang memadati kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 20, 21, dan 22 September 2024.

BACA JUGA: Tampil di Pestapora 2024, Maia Estianty Sebut Syifa Hadju Calon Menantu

Tidak hanya sekadar tulisan, kata-kata gembira, bahagia, membekas, berselebrasilah, ternyata memang menggambarkan suasana Pestapora 2024 yang berlangsung selama tiga hari.

Puluhan ribu hadirin dari usia muda hingga tua berselebrasi menikmati musik Indonesia. Tidak hanya penonton, para musisi pun ikut merayakan dengan ragam penampilan apik.

BACA JUGA: Setelah Tampil di Singapura, Lorjhu Menggoyang Pestapora 2024

Lebih dari 260 musisi dari berbagai penjuru Indonesia beraksi di sekitar 17 area pertunjukan yang disediakan Boss Creator selaku penyelenggara Pestapora 2024.

“Pestapora 2024 bukan hanya sebuah festival musik, tetapi juga perayaan kreativitas dan kebersamaan yang menghadirkan kolaborasi dari berbagai komunitas dan musisi berbakat," ungkap Kiki Aulia Ucup, Festival Director Pestapora.

BACA JUGA: SBY Akhirnya Berdendang di Pestapora 2024

Pestapora 2024 lebih dari sekadar festival musik, melainkan hasil kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak dan komunitas kreatif.

Pada tahun ini, Pestapora tidak hanya mendirikan sejumlah panggung raksasa, tetapi juga melibatkan komunitas berpartisipasi seperti Paguyuban Crowd Surf, Microgram Alternative, Yes No Klub, Pon Your Tone, 24 Jamming, Hip Hop Hari Ini, Earhouse, Makna, serta Zodiac, dan lainnya untuk menciptakan ruang bersenang-senang.

Selain itu, Pestapora 2024 juga menghadirkan area ramah keluarga bernama Pecapowa, yang menyediakan beragam aktivitas interaktif yang menyenangkan bagi anak-anak dan keluarga. Hal tersebut membuktikan Pestapora merupakan festival yang layak dihadiri oleh beragam usia.

Dari segi penampil, Pestapora 2024 membawa para musisi dari lintas genre dan generasi. Menariknya lagi, para musisi yang tampil juga menyajikan bermacam kejutan hingga set spesial, seperti penampilan materi album perdana.

Hari Pertama Pestapora 2024

Pestapora 2024 pada hari pertama, Jumat (20/9) dihiasi dengan sejumlah penampilan kejutan. Salah satunya yakni aksi penyanyi kenamaan, Tulus.

Penyanyi Tulus ternyata deg-degan saat tampil dalam festival musik, Pestapora 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Sebab, dia harus menampilkan sederet lagu dari album perdana, TULUS. Tulus mengaku sudah jarang membawakan lagu-lagu dari album yang dirilis pada 28 September 2011 itu.

Oleh sebab itu, dia mengaku cukup gugup ketika naik panggung Pestapora Stage di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/9) sore.

"Jujur, saya deg-degan," kata Tulus menyapa ribuan penonton Pestapora 2024.

Musisi asal Bukittinggi itu mengatakan dirinya menyiapkan penampilan untuk Pestapora 2024 dengan sangat serius.

Sejak sepekan terakhir, Tulus dan musisi pengiring fokus latihan membawakan materi album perdana.

"Kami siapkan satu minggu lalu, soalnya lagu-lagu ini sudah jarang saya membawakan," ucap pria berusia 37 tahun itu.

Meski sempat deg-degan, Tulus berhasil tampil memukau di Pestapora 2024. Dia membawakan lagu-lagu dari album TULUS dengan sempurna dan sukses menghibur penggemar.

Tulus menyanyikan lagu seperti Teman Pesta, Tuan Nona Kesepian, Teman Hidup, Kisah Sebentar, Sewindu, dan lainnya.

Tidak hanya itu, Tulus juga mempersembahkan sejumlah hit dari album Gajah, Monokrom, hingga Manusia untuk fan di Pestapora 2024.

Selain kehadiran Tulus, Pestapora 2024 hari pertama juga dihebohkan dengan penampilan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY bernyanyi membawakan beberapa lagu di panggung utama yakni Pestapora Stage.

Tidak sendiri, SBY naik pentas bersama dengan musisi seperti Yuni Shara, Sandhy Sondoro, Rio Febrian, Ario Wahab, Lala Karmela, Ita Purnamasari, Andi /Rif, dan lainnya.

"Saya tidak sendiri, tetapi ditemani artis lain," ucap SBY.

Dalam penampilan di Pestapora 2024, pendiri Partai Demokrat itu menyanyikan lagu ciptaan sendiri serta beberapa lagu cover.

Lagu ciptaan SBY yang disuguhkan yakni Ku Yakin Sampai Di Sana, Untuk Bumi Kita, dan Cahaya Kegelapan. Setelah menyanyikan lagu ciptaan sendiri, SBY kemudian menghadirkan sederet hit milik musisi lain.

Pria berusia 75 tahun itu memperdengarkan suara khasnya lewat lagu Pelangi Di Matamu dari Jamrud yang, Kamu Ngga Sendirian milik band Tipe-X, dan Kenanglah Aku dari Naff.

“Saya ingin membawakan lagu yang penuh kenangan," ujarnya.

SBY dan musisi tamu lainnya kemudian membawakan lagu Yellow dari Coldplay sebagai suguhan penutup di Pestapora 2024



Beberapa penampilan lain yang menyita perhatian penonton Pestapora 2024 pada hari pertama yakni MALIQ & D'essentials, Dikta yang tampil pada sore hari, aksi Ari Lasso yang comeback setelah sempat sakit, serta Pee Wee Gaskins yang membawakan album The Sophomore.


Selanjutnya ada penampilan The Bakuucakar membawakan lagu Glenn Fredly dari album Selamat Pagi, Dunia, lalu aksi Boomerang, Parade Hujan, FARRT!, Last Child, Padi Reborn, D'MASIV, Jamrud, Pamungkas, Slank yang menampilkan album Tujuh, lalu sebagainya.

Sejumlah penggila musik keras di Pestapora 2024 pada hari pertama dihibur oleh aksi reuni Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, Enola, Ssslothhh, Rebellion Rose, Straight Answer, The Jansen, dan lainnya.

Band metal Seringai juga menampilkan aksi spesial dengan memainkan set High Octane Rock di panggung Gegap Gempita Stage.

Grup beranggotakan Arian 13, Sammy, Ricky Siahaan, dan Edy Khemod itu tidak lupa menyuarakan dukungan kepada Palestina di Pestapora 2024. Lirik lagu Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan) pun berganti menjadi 'Palestina, Palestina Merdeka! Palestina, Palestina Merdeka!'. Salut untuk Seringai.

Keseruan hari pertama Pestapora 2024 ditutup dengan beberapa penampil yang mengajak penonton bergoyang, seperti Pemuda Sinarmas, Prontaxan, dan lainnya.

Hari Kedua Pestapora 2024

Panggung Pestapora 2024 pada hari kedua tentu tidak kalah seru dibanding hari pertama. Ribuan penonton sudah hadir sejak sore untuk menyaksikan para idola sambil berselebrasi.

Hari kedua Pestapora 2024 dibuka oleh penampilan manis dari GAC, Maudy Ayunda, Fanny Soegi, Dere, Ecoutez, Naura Ayu, dan lainnya.

Komedian sekaligus penyanyi, Andre Taulany juga tampil dalam Pestapora 2024 pada hari kedua, Sabtu (21/9) sore.

Bukan bersama Andre Taulany and Friends, dia justru naik pentas dengan Desta. Andre Taulany dan Desta juga mengajak empat perempuan cantik yakni Boiyen, Eca Aura, Erica Carlina, dan Rina Nose.

Adapun grup tersebut menamai diri sebagai
Andre Taulany and The Girls di Pestapora 2024.

Tampil di Boss Stage pada sore hari, Andre Taulany dan Desta lebih banyak bermain gitar serta menjadi vokal latar. Sementara bagian vokal diserahkan kepada bintang tamu perempuan.

Aksi Andre Taulany and The Girls dibuka lewat lagu Teman Tapi Mesra yang dinyanyikan oleh Boiyen. Dia juga membawakan lagu Tua-Tua Keladi sambil menggoda Andre Taulany dan Desta.

"Hari ini aku cantik enggak sih? Bingung deh ada dua pilihan," kata Boiyen di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada Sabtu (21/9).

Setelah Boiyen, giliran Eca Aura yang beraksi bersama Andre Taulany and The Girls. Dia membawakan lagu Jadikan Aku yang Kedua milik Astrid dan Pudar yang dipopulerkan oleh Rossa.

Di setiap jeda lagu, Andre Taulany dan Desta selalu berkelakar di atas panggung Pestapora 2024. Desta bahkan sempat menyindir Andre Taulany yang segera berstatus duda, sama dengan dirinya.

Andre Taulany and The Girls kemudian berkolaborasi dengan Erica Carlina yang hadir dengan busana pink menyala.

Erica Carlina menyanyikan lagu Yang Penting Happy dan Bento dengan beberapa kali goyangan menggoda.

"Gue mau goyang erotis juga, tetapi ada anak gue lagi," guyon Desta.

Aksi menghibur Andre Taulany and The Girls berlanjut dengan kehadiran Rina Nose. Bergaya seperti Mulan Jameela, Rina Nose membawakan lagu Makhluk Tuhan yang Paling Sexy dengan begitu sempurna.

Dia juga melantunkan tembang Yank milik Wali dengan beberapa kali improvisasi. Para penonton pun ikut bergoyang mengikuti musik yang dimainkan.

Andre Taulany and The Girls menutup penampilan di Pestapora 2024 dengan menyanyikan lagu Beraksi dari Kotak.

Penampilan Andre Taulany dan Desta bersama Boiyen, Eca Aura, Erica Carlina, serta Rina Nose pun menuai tepuk tangan dari ribuan penonton Pestapora 2024.

Dari area 24 Jamming Stage, sejumlah penampilan ikut menyedot perhatian, salah satunya yakni band asal Madura, Lorjhu'.

Dalam Pestapora 2024, Lorjhu' membawakan daftar lagu dari album Parenduan maupun Paseser.

Lorjhu' memainkan lagu Malem Pengghir Sereng, Nemor, Lakona Oreng Manceng, Parenduan, Abhantal Ombak, Jhajhan Nomanoan, Fitri, Can Macanan, dan Rajamina.

Di tiap jeda lagu, vokalis Lorjhu', Badrus mencoba berguyon menyapa penonton Pestapora 2024. Dia ternyata menyiapkan kejutan berupa makanan yakni cumi hitam untuk hadirin.

"Kebetulan ini saya yang masak," kata Badrus Lorjhu' memberikan cumi hitam lengkap dengan mangkuk putih bagi penonton.

Lorjhu' tampil sekitar 45 menit lebih dengan sangat energik dan atraktif. Meski memainkan lagu-lagu berbahasa Madura, Badrus dan kawan-kawan mampu mengajak penonton ikut bergoyang dan bernyanyi bersama.

Selanjutnya Duo Maia yang terdiri dari Maia Estianty dan Dita alias Mey Chan juga tampil heboh dalam Pestapora 2024.

Maia Estianty mengungkap perjuangan dirinya agar bisa maksimal dalam festival yang diadakan Boss Creator itu.

"Masih jet lag, fisik masih di atas awang-awang, nafas kayak ketahan korset, umur juga makin mendekati masa oma-oma, manggung juga sudah jarang," ungkap Maia Estianty.

"Tetapi demi Pestapora, eike turun gunung lagi," lanjutnya.

Mantan istri Ahmad Dhani itu ternyata baru saja pulang dari Eropa. Meski masih jet lag, Maia Estianty tetap berusaha tampil sebaik mungkin di Pestapora 2024.

Dia juga menyinggung kehadiran pacar baru El Rumi, Syifa Hadju yang ikut menonton Pestapora 2024.

"Mana ditonton anak sama calon mantu, harus totalitas El Rumi dan Syifa Hadju," jelas ibunda Al, El, Dul itu.

Maia Estianty bersyukur penampilan dirinya dan Dita Mey Chan bisa berjalan lancar. Dia begitu takjub melihat antusias ribuan penonton Pestapora 2024.

Saat tampil, Duo Maia membawakan sejumlah hit seperti Teman Tapi Mesra, hingga Ingat Kamu.

Memasuki malam hari, Pestapora 2024 dihibur oleh penampilan band Cokelat, Isyana Sarasvati yang memberikan kejutan dengan duet bersama Mahalini pada lagu Sisa Rasa, aksi Mulan Jameela, Bunga Citra Lestari, Danilla, Kotak, JKT48, Reality Club, Marion Jola, Voice of Baceprot, Nadin Amizah, Vina Panduwinata, Peach, Sukatani, dan masih banyak lagi.

Salah satu aksi panggung paling menyita perhatian di hari kedua Pestapora 2024 yakni Bernadya. Tampil di Boss Stage pukul 23.00 lewat, dia disaksikan puluhan ribu penonton yang memadati area Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Pemandangan tersebut sangat kontras dibandingkan dengan penampilan Bernadya pada Pestapora 2023 lalu. Saat itu, dia hanya disaksikan ratusan penonton.

Jumlah penonton di Pestapora 2024 ini menjadi bukti bahwa Bernadya telah menjelma menjadi penyanyi terpopuler. Dia sukses meraih pendengar berkat mini album Terlintas, serta album Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan.

Karya Bernadya kini menjadi ikon lagu galau anak muda. Lagu-lagunya diputar di mana-mana. Bahkan, sejumlah rekor telah dicatat oleh penyanyi yang bernaung di bawah naungan JUNI Records tersebut.

Dalam Pestapora 2024, Bernadya tampil memakai kebaya disertai kain batik. Dia memperdengarkan suara khasnya yang merdu di hadapan puluhan ribu penonton.

Bernadya membawakan sejumlah lagu seperti Kini Mereka Tahu, Kata Mereka Ini Berlebihan, Satu Bulan, Apa Mungkin, Untungnya Hidup Harus Tetap Berjalan, dan lainnya.

Hari kedua Pestapora 2024 ditutup dengan penampilan Tipe-X, Deejay Gantung, Feel Koplo feat Adhisty Zara, dan sebagainya.

Hari Ketiga Pestapora 2024

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY kembali hadir di Pestapora 2024 hari ketiga.

Kali ini, dia berbincang dengan Vincent dan Desta pada sore hari. Selain itu, SBY juga melukis bersama 20 orang lain.

Hari ketiga Pestapora 2024 dibuka juga oleh Rizky Febian, Denny Frust, Young Lex, Rocket Rockers, Bilal Indrajaya, Project Pop, Alexa, Baale, Eleventweleft, Afgan, hingga Juicy Luicy.

Afgan mengajak penggemar untuk bernyanyi bersama, serta memberi kejutan dengan mengajak Reza Chandika ke Boss Stage.

Band Juicy Luicy juga memberi kejutan di Pestapora Stage dengan berkolaborasi bersama Mahalini dan Rizky Febian pada lagu Sialan.

Penampilan Nassar, Fresly Nikijuluw, Sentimental Moods, Efek Rumah Kaca, Ali, RAN, Nidji, Judika, Ungu, Barasuara, HIVI!, Rumahsakit, The Changcuters juga meninggalkan kesan mendalam di Pestapora 2024.

Momen bersejarah juga terjadi di hari ketiga Pestapora 2024 yakni berkat penampilan Sore bersama Mondo Gascaro memainkan album monumental, Centralismo.

Superman Is Dead yang menghajar panggung Gegap Gempita Stage juga memuaskan penonton dengan set spesial dari album Kuta Rock City.

Sebelum Superman Is Dead naik panggung, Souljah membuat penonton bergoyang lewat hit Move On hingga Tak Selalu.

Area Paguyuban Crowd Surf dibisingkan dengan penampilan Piston, Morgensoll, Dazzel, ZIP, The Kick, Pure Wrath, dan lainnya.

Sementara itu, di panggung Yes No Klub, sederet penampil juga mampu menghipnotis hadirin Pestapora 2024 hari terakhir.

Aksi Sipaningkah, Kuntari, hingga Belatung Melarat sukses membuat terkagum-kagum.

Belatung Melarat merupakan band black metal asal Kendal, Jawa Tengah. Saat penampilan di Pestapora 2024, para personel menghadirkan pocong ke atas panggung.

Sementara itu, Dewa 19 menemani hadirin Pestapora 2024 bernostalgia dengan lagu-lagu andalan. Nyanyian massal terdengar ketika Kangen, hingga Separuh Nafas dimainkan Ahmad Dhani dan kawan-kawan.

Pestapora 2024 hari ketiga ditutup dengan sejumlah nama yakni NDX AKA, Oomleo Berkaraoke, Terbujurkaku, Dhyo Haw, Teenage Death Star, Whisnu Santika, dan Ucupop.

Adapun Ucupop tampil di Doubledeck Stage memutar lagu-lagu populer untuk menemani para penonton Pestapora 2024 pulang.

Raut bahagia dan puas terlihat dari wajah-wajah penonton Pestapora 2024 yang telah berpesta tiga hari penuh. Selama berlangsung, Pestapora 2024 menjadi ruang yang aman dan menyenangkan bagi siapa saja, baik penonton maupun penampil.

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler