Seleksi CPNS 2024: Pemprov Maluku Tingkatkan Penerimaan Dokter

Selasa, 20 Agustus 2024 – 17:30 WIB
Mahasiswa Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) (Antara/Dedy Azis)

jpnn.com - AMBON - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku meningkatkan penerimaan dokter, pada seleksi CPNS 2024. Hal itu sebagai upaya pemerataan tenaga dokter di daerah tersebut. 

"Jumlah alokasi penerimaan CPNS bidang kesehatan ada 36 formasi dan 15 di antaranya adalah tenaga dokter, sementara sisanya apoteker, perekam medis, dan epidemolog," kata Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Maluku Syuryadi Sabirin di Ambon, Selasa (20/8).

BACA JUGA: Pelamar CPNS 2024 Juga Bisa Ikut Seleksi PPPK? Simak Penjelasan Deputi BKN

Hal itu tertuang dalam surat pengumuman penerimaan CPNS lingkup Pemprov Maluku dengan Nomor: 01/PANSELDA CPASN/VIII/2024.

Pemprov Maluku meminta lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon mengabdi daerah itu guna meningkatkan kesehatan masyarakat sampai ke pelosok.

BACA JUGA: Gelar FGD Pemberdayaan Ekonomi di Pulau Morotai, Kanwil Bea Cukai Maluku Sampaikan Ini

“Karakteristik wilayah Maluku merupakan daerah kepulauan, dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, serta aksesibilitas antar-wilayah yang sangat terbatas. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para dokter baru yang akan mengabdikan dirinya di Maluku,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Sadali Ie.

Dia mengatakan keberadaan Fakultas Kedokteran Unpatti saat ini menjadi strategis dalam menyiapkan SDM tenaga kesehatan, khususnya dokter. 

BACA JUGA: Duh, Ada Teror Bom Atas Nama ISIS di Kampus Unpatti

Oleh sebab itu, dia berharap para dokter dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan baik, di mana pun ditempatkan.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan tekad dan semangat sebagai anak daerah, para lulusan kedokteran Unpatti dapat menentukan langkah untuk mengabdi di Maluku. Tentunya dengan terus meningkatkan kompetensi keilmuan secara berkesinambungan," katanya.

Sementara itu, Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy mengatakan per 8 Agustus 2024 kampus tersebut telah meluluskan 430 dokter, sejak didirikan pada 2015.

Dalam upaya mendukung ketersediaan tenaga dokter di pulau-pulau yang di Maluku, kata dia, pemerintah kabupaten/kota harus mengirimkan putra/i terbaik daerahnya melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran.

"Sehingga ketika mereka lulus, mereka dapat kembali untuk mengabdi di daerah masing-masing dan menjadi motor penggerak bagi kemajuan kesehatan desa," ucapnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler