Seleksi Dimulai Oktober, Pendaftaran PPPK 2024 September? Deputi KemenPAN-RB: Agustus Lewat

Rabu, 21 Agustus 2024 – 11:48 WIB
Seleksi Dimulai Oktober, Pendaftaran PPPK 2024 September? Deputi KemenPAN-RB: Agustus Lewat. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Seleksi PPPK 2024 diwacanakan dilaksanakan Oktober mendatang. Informasi ini beredar masif di kalangan honorer maupun PPPK. 

Menurut Sekjen DPP Forum Honorer Non-Kategori Dua Indonesia (FHNK2I) Tenaga kependidikan (tendik) Herlambang Susanto, honorer di sejumlah daerah sudah mendapatkan informasi bahwa seleksi PPPK 2024 dilaksanakan Oktober mendatang. 

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024: Formasi Jauh Lebih Banyak Dibanding CPNS

Nah, untuk pendaftaran PPPK 2024 kemungkinan dilaksanakan September. 

"Pemda belum mau kasi tahu informasi detailnya, alasannya menunggu pusat. Hanya ancar-ancarnya saja Oktober, " kata Herlambang kepada JPNN, Rabu (21/8). 

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024 Setelah Agustus, Honorer TMS Bisa Menyanggah

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sendiri akan melakukan sosialisasi pengadaan PPPK 2024.

Sosialisasi ini rencananya dilaksanakan pada Jumat, 23 Agustus 2024 dengan melibatkan pejabat pemerintah daerah. 

BACA JUGA: KemenPAN-RB Bakal Menyosialisasikan Pengadaan PPPK 2024, Pendaftaran Dibuka Agustus?

Menurut Plt. Deputi SDM bidang Aparatur KemenPAN-RB Aba Subagja, setelah sosialisasi biasanya akan diikuti dengan pengadaan PPPK 2024.

"Sosialisasi difokuskan pada kebijakan pengadaan dan mekanisme pelaksanaan seleksi PPPK 2024," kata Deputi Aba yang dihubungi JPNN secara terpisah.

Walaupun sosialisasi pengadaan PPPK 2024 dilaksanakan pekan ini, tetapi Aba menegaskan, pembukaan pendaftaran tidak bulan Agustus. 

Dia membuka informasi tipis-tipis bahwa pendaftaran PPPK 2024 bergeser bulan, lantaran proses penetapan formasi. 

Apakah akan dilaksanakan Oktober, Deputi Aba berharap bisa lebih cepat. 

Sementara itu, sumber resmi JPNN, menyebutkan seleksi PPPK 2024 dilaksanakan Oktober mendatang. Untuk pendaftaran PPPK 2024 kemungkinan besar dilaksanakan September.

Sumber JPNN juga menambahkan, PERURI sudah menyiapkan infrastruktur untuk pendaftaran agar memudahkan pelamar yang didominasi honorer mudah membeli Meterai-el. 

"Kami disuruh siap-siap untuk ikut seleksi PPPK 2024 pada Oktober mendatang," kata guru honorer yang enggan disebutkan namanya kepada JPNN. 

Dia mengaku tahun lalu sudah ikut tes, tetapi tidak lulus. Tahun ini dia ingin mendaftar PPPK 2024 dan bertekad harus lulus. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler