Seleksi Masuk Mandiri 15 PTN Dibuka 3 Mei

Minggu, 29 April 2018 – 15:16 WIB
SNMPTN

jpnn.com, JAKARTA - Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) 2018 akan dimulai pada 3 Mei. Bagi siswa yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) bisa ikut SMMPTN.

Para peserta calon mahasiswa pun memiliki opsi untuk memilih program studi dari perguruan tinggi lain yang diminatinya. Seperti yang ditawarkan pada program Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

BACA JUGA: Menristekdikti : Kursi di PTN Masih Banyak Kosong

Ketua SMMPTN- Barat 2018 Samsul Rizal mengatakan, kegiatan ini merupakan tahun kedua dilaksanakan.

"Pendaftaran SMMPTN akan dimulai 3 Mei 2018 hingga 10 Juli 2018," kata Samsul, Minggu (29/4).

BACA JUGA: Sejumlah PTN Siapkan Prodi-prodi Baru, Keren Bro!

Pada 2017 ada 28.750 pendaftar SMMPTN dan yang diterima sebanyak 14.400 orang. Jumlah kuota dari masing-masing perguruan tinggi adalah 30 persen.

Sementara Ketua Badan Kerja Sama (BKS) Syafsir Akhlus menjelaskan, tahun ini ada 15 PTN dari 32 Perguruan Tinggi yang sudah tergabung di dalam SMMPTN.

BACA JUGA: Siswa yang Lolos SNMPTN Tak Bisa Mendaftar SBMPTN

Ke-15 PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2018 yakni: Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera (Unsam).

"Calon mahasiswa Bidikmisi pun bisa mengikuti seleksi SMMPTN selama kuota yang disediakan masih mencukupi," tambah Syafsir.

SMMPTN-Barat 2018 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar PTN yang tergabung dalam BKS PTN-Barat.

Penyelenggaraan seleksinya dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.

Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2018 adalah untuk memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi dari berbagai perguruan tinggi serta untuk menyeleksi secara bersama calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Pembiayaan penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2018 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini 10 PTN Penerima SNMPTN 2018 Terbanyak


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PTN   SNMPTN 2018  

Terpopuler