Seluruh TKI di Suriah Dipaksa Pulang

Selasa, 19 Juni 2012 – 19:26 WIB

JAKARTA--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menegaskan, pemerintah RI akan segera memulangkan seluruh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Suriah. Langkah ini diambil untuk  memberikan perlindungan kepada  TKI yang bekerja di sana.

"Kita akan memaksa para TKI yang bandel tidak mau dipulangkan. Pokoknya semua TKI kita pulangkan dan ini terus- menerus kita lakukan sampai pada tingkat nol," ungkap Muhaimin di Hotel Millenium Jakarta, Selasa (19/6).

Muhaimin mengatakan, pemaksaan pemulangan TKI dari Suriah ini terkait masalah keselamatan TKI itu sendiri karena kondisi keamanan di Suriah sudah membahayakan TKI. Diterangkan, pemulangan dilakukan sudah dari setahun yang lalu.  "Kita kan sudah tahu bakal terjadi krisis. Maka itu,  kita tutup (pengiriman) setahun yang lalu dan kita terus lakukan pemulangan," kata Muhaimin.

Pemerintah Indonesia telah memberlakukan penghentian sementara (moratorium) pengiriman TKI sektor Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) ke Suriah sejak tanggal 9 Agustus 2011 dan belum dibuka hingga saat ini karera tidak adanya  jaminan keselamatan di negara tersebut.

Muhaimin mengatakan, salah satu kesulitan yang ditemui pemerintah dalam upaya pemulangan TKI di Suriah itu adalah banyaknya TKI yang diberangkatkan tidak melalui jalur yang resmi dan tidak terdokumentasi.

"Banyak sekali rembesan, jadi berangkatnya ke Uni Emirat Arab tapi sampainya ke Suriah. Atau berangkatnya ke negara sekitar lainnya tapi sampainya ke Suriah. Ada juga karena kelakuan PPTKIS nakal atau yang berangkat secara pribadi," ujarnya.

Kemenakertrans memberikan perhatian khusus pada lima daerah konflik di Suriah dalam melakukan evakuasi TKI yakni Homs yang menampung 405 orang TKI, Rif Dimasq dengan 426 TKI, Hama (86 TKI), Idleb (17 TKI), dan Dar'a (11 orang TKI).

Beberapa daerah rawan lain di Suriah seperti Damascus, Aleppo, Lattakia, Tartus, Raqqah, Deir Ez Zour, Sweida, Al Hasakah, dan Quneitra juga akan dipantau untuk melakukan pemulangan selanjutnya.

Data pemerintah mencatat, jumlah TKI yang telah dievakuasi dari Suriah hingga 10 Juni 2012 mencapai 202 orang. Sementara pemulangan reguler dan bantuan majikan mencapai 70 orang. (Cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Belum Pastikan Tahan Orang Dekat Gubernur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler