Semarak Parade Asian Games Sangat Menghibur Warga Palembang

Senin, 14 Mei 2018 – 19:03 WIB
Parade Asian Games 2018 di Palembang. Foto: sumeks.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Semarak 100 hari menjelang Asian Games 2018 di kota Palembang, Sumatera Selatan, ditandai dengan pawai atau karnaval yang diberi nama Parade Asian Games 2018.

Parade tersebut diikuti ribuan orang yang tergabung dalam pelbagai instasi maupun komunitas. Dan tentu saja dari para sponshorship. Serta Emtek Group selaku official broadcaster perhelatan multievent ini.

BACA JUGA: Asian Games 2018: Yuni Potensi Emas, Eko Yuli Harus Diet

Dari instasi diantaranya ada Dinas Pemuda Olahraga dan Dinas Pariwisata Sumsel. Ada juga dari Telkom, PLN, dan Grab Indonesia. Sedangkan dari komunitas diantaranya ada komunitas Jeep dan Komunitas Sepeda Ontel. Juga ada para pelajar dan mahasiswa. Serta TNI dan Polri.

Start Parade Asian Games 2018 sendiri bertempat di simpang lima kantor DPRD Prov Sumsel mulai pukul 07.30 WIB. Lalu, melintasi jalan Kapten A Rivai sejauh lebih 2 km menuju Kambang Iwak sebagai pusat acara.

BACA JUGA: Mobil Amri Yahya Ludes Terbakar

Parade Asian Games 2018 tersebut, tentu saja menarik perhatian warga yang sedang mengikuti Car Free Day (CFD). Mereka sangat antusias menyaksikannya beragam atribut mencolok dan uniknya pakaian yang dikenakan peserta parade.

Selama parade berlangsung, jalan Kapten A Rivai menuju Kambang Iwak, macet total. Bahkan, semakin parah karena masyarakat yang melintas dengan kendaraan roda empat dan roda dua, ikut berhenti dan menyaksikan parade.

BACA JUGA: OCA Minta Arena Asian Games 2018 Selesai Lebih Cepat

Mereka tidak ragu untuk merekam dan ber-swafoto dengan peserta parade. Beberapa warga pun ikut berkomentar. "Wah. senangnya. Benar-benar unik. Saya tidak terganggu meski jalanan macet. Tapi, malah bangga karena Palembang menjadi tuan rumah Asian Games,"ujar Sinta (21) di jalan Kapten A Rivai.

Senada diungkapkan Taufik (42) di Kambang Iwak. Menurutnya, parade Asian Games ini sangat penting. "Artinya, sosialisasi Asian Games kepada masyarakat sangat baik. Masyarakat Sumsel,"ujarnya.

Selama di Kambang Iwak, tepatnya di depan panggung utama di depan rumah dinas Walikota Palembang, para peserta Parade Asian Games juga unjuk kebolehan di depan para pejabat yang juga sempat melepas resmi peserta Parade sebelumnya di simpang lima DPRD Prov Sumsel.

Seperti Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, dan Pjs Walikota Palembang Akhmad Nadjib.

Hadir juga Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang, dan Sekretaris Jenderal (Sekjed) INASGOC Eris Heryanto.

Setiap aksi, selalu mendapat aplus dari masyarakat yang hadir. "Benar-benar menghibur. Acara seperti ini mesti dibuat lagi. Mungkin saat 50 hari menjelang Asian Games," cetus Irfandi (16) salah satu pelajar.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Parade Asian Games 2018 adalah festival rakyat untuk rakyat. Dirinya mengaku bangga dengan antusias warga Sumsel terhadap semarak Asian Games 2018.

"InsyaAllah, 100 hari lagi Asian Games dimulai. Kita jaga sama-sama agar semua berjalan lancar," ujar Alex.

Pria kelahiran Palembang, 9 September 1950 berharap, masyarakat Sumsel bisa menjaga nama baik selama Asian Games 2018. "Bukan hanya nama Sumsel, tapi juga membawa nama Indonesia. Jadi, mari kita sukseskan bersama-sama," tegas suami Elisa Alex.(vis)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Pastikan Asian Games di Jakarta Berlangsung Aman


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler