Sembilan Fitur Baru di Android 11

Jumat, 21 Februari 2020 – 21:55 WIB
Teaser Gambar Android 11. Foto: Gizmochina

jpnn.com, JAKARTA - Google baru saja meluncurkan sistem operasi (OS) Andorid 11 Developer Preview. Sistem operasi tersebut merupakan generasi kelima yang diluncurkan oleh Google.

Dari segi tampilan, Android 11 menujukkan beberapa fitur baru yang akan di bawa OS terbaru. Fitur tersebut dikatakan dapat memperkuat seluruh ekosistem smartphone Android.

BACA JUGA: Google Berangus 600 Aplikasi Android Membawa Iklan Pengganggu

Kendati demikian, beberapa fitur di Android 11 ini sejatinya sudah terlihat berjalan di perangkat Google Pixel 4. Tidak hanya itu, fitur tersebut diketahui sudah berjalan di Pixel 2 XL pekan lalu. Raksasa mesin pencari itu bahkan tidak sengaja mengungkapkan fitur tersebut.

Dikutip dari Gizmochina, Jumat (21/2), seiring dengan dukungan teknologi generasi baru, Andorid 11 kabarnya akan fokus pada peningkatan keamanan dan privasi data pengguna.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Samsung Galaxy A70 Bisa Update Android 10

Demikian juga beberapa API baru untuk meningkatkan konektivitas dan dukungan untuk teknologi baru seperti 5G dan smartphone lipat.

Berikut jajaran fitur baru di Android 11:

BACA JUGA: Redmi 8A Segera Mendapatkan Pembaruan Android 10

Chat Bubbles

Nantinya Andorid tersebut akan didukung chat bubbles layaknya Facebook messenger. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan beberapa chat sekaligus dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas.

Privasi dan Izin

Fitur itu memungkinkan untuk menarik kembali izin akses ke lokasi, mikrofon dan kamera dari suatu aplikasi ke aplikasi ke aplikasi setelah dihentikan. Hanya aplikasi yang disetuji Google yang dapat memperoleh keuntungan dari data lokasi di background.

Tab Percakapan Baru

Akan ada tab percakapan khusus di panel notifikasi. Ini akan berguna untuk melihat pesan yang abru saja diterima. Tidak hanya itu, fitur tersebut juga akan meningkatkan cara membalas pesan dari panel notifikasi. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim gambar langsung dari notifikasi.

Mendukung Teknologi Baru

Paket API Android 11 kini sudah memberikan dukungan 5G, perangkat dilipat, dan manchine learing sejak diluncurkan nanti. Ini akan membantu manufaktur untuk menghadirkan smartphone generasi berikutnya tanpa bergantung pada kode pihak ketiga.

Ada juga dukungan untuk decoding latensi renda, filter panggilan yang semakin baik, dan API neural networks Google.

Improved Sharing UI

Di Android 11, pengguna dapat mengatur aplikasi jejaring sosial favorit mereka ke menu sharing. Namun, fitur ini sebenarnya terdapat di Android 9 dan baru dapat digunakan di Android 10.

Dark Mode

Dark Mode menjadi salah satu fitur yang diminati saar ini, Di Android 11, Google memberikan opsi untuk menjadwalkan dark mode. Fitur ini akan mengaktifkan dark mode pada waktu-waktu yang sudah ditentukan pengguna sebelumnya.

Bluetooth tetap aktif walaupun masuk mode Airplane

Biasanya, ketika airplane di smartphone diaktifkan maka semua akses seperti Bluetooth akan mati. Namun, di Andorid 11 pengguna tetap bisa menggunakan perangkat Bluetooth untuk tetap terhubung dengan perangkat lain.

Peningkatan Sensitivitas Sentuh

Di Androdi 11 pengguna akan dapat meningkatkan sensitivitas sentuhan di layar. Hal ini akan berguna ketika smartphone hendak digunakan sambil menggunakan sarungan tangan atau pelindung layar.

Mematikan notifikasi ketika menggunakan kamera

Set API baru di Android 11 memungkinkan pengguna untuk mensenyapkan notifikasi ketika menggunakan kamera. Ini akan berguna ketika pengguna sedang melakukan panggilan video sehingga notifikasi tidak menutupi tampilan video yang sedang berlangsung.

Sayang hingga saat ini Google belum menginformasikan kapan sistem operasi Android 11 itu diluncurkan kepada publik. (mg9/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler