Semester I 2022, Bandara Soekarno-Hatta Layani 220 Rute Penerbangan

Senin, 01 Agustus 2022 – 23:41 WIB
Ilustrasi para calon penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan bersama stakeholder bersinergi penuh dalam mendorong percepatan pemulihan sektor penerbangan, untuk memberikan pelayanan terbaik dan mendukung mobilitas masyarakat.

Akselerasi pemulihan di sektor penerbangan didukung juga dengan penanganan pandemi COVID-19 yang semakin baik.

BACA JUGA: Salat Tidak Pakai Peci, Bagaimana Hukumnya?

"Kami berharap upaya ini juga dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ujar Muhammad Awaluddin.

AP II bersama stakeholder menjalankan sejumlah langkah untuk mengakselerasi pemulihan penerbangan.

BACA JUGA: Mudahkan Penumpang, Bandara AP II Buka Sentra Vaksinasi Booster

Di antaranya mendukung penumpang pesawat untuk mudah memenuhi persyaratan penerbangan dengan menghadirkan sentra vaksinasi COVID-19 dan Airport Health Center, sebagai alternatif lokasi tes COVID-19 di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

“Selain itu, satu yang penting adalah AP II dan stakeholder mampu memberikan rasa aman dan rasa nyaman di bandara kepada penumpang pesawat, melalui penyesuaian layanan dan fasilitas di tengah pandemi. AP II juga melakukan penyesuaian operasional di seluruh bandara, seperti kembali membuka Terminal 1 dan mengoperasikan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Awaluddin.

BACA JUGA: Manjakan Pelanggan, Panasonic Bagi-bagi Kebahagiaan

Pada Semester I/2022, Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan dari dan ke 220 rute penerbangan yang terdiri dari 112 rute domestik dan 108 rute internasional.

Jumlah rute ini naik sekitar 43,8% dibandingkan Semester I/2021 di mana saat itu Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan dari dan ke 153 rute penerbangan terdiri dari 71 rute penerbangan domestik, dan 82 rute penerbangan internasional yang sebagian besar adalah penerbangan repatriasi WNI.

“Dilihat dari jumlah pergerakan penumpang, sepanjang Januari - Juni 2022 tercatat penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 18,15 juta orang atau naik hampir 100% dibandingkan dengan Januari - Juni 2021 sebanyak 9,10 juta orang,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Dari data pergerakan penumpang juga dapat diketahui bahwa sektor pariwisata nasional tengah kembali bergeliat.

Pada Semester I/2022, rute penerbangan terfavorit di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Denpasar, Bali, dengan jumlah penumpang mencapai 1,92 juta orang.

“Bali menjadi rute paling favorit, sejalan dengan pemulihan pariwisata termasuk dibukanya kembali Bali untuk kunjungan wisatawan mancanegara dari seluruh negara. Kami juga melihat bahwa pelaku perjalanan ingin mengambil kembali kesempatan berlibur setelah sekitar 2 tahun tidak berwisata karena pandemi,” kata Muhammad Awaluddin.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler