Semua Pemain Siap Tempur

Selasa, 20 November 2012 – 06:02 WIB
Timnas Indonesia. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos
JAKARTA - Kekawatiran timnas bakal kehilangan pemain karena cedera setelah menjalani dua kali ujicoba ( melawan Timor Leste dan Kamerun) tidak terjadi. Semua pemain yang saat ini tergabung dalam pemusatan latihan tidak ada yang mengalami cedera dan siap berangkat ke Kuala Lumpur pada 21 November.

Pada ujicoba terakhir melawan Kamerun sabtu kemarin (17/11) kiper utama Endra Prasetya dan bek Handi Ramdhan sempat mengalami cedera dan harus diganti pemain lain. Tapi cedera yang mereka alami tidak perlu dikawatirkan. Kemarin pagi dan sore keduanya sudah berlatih dengan normal bersama para pemain lain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Saat menghadapi Kamerun Endra yang tampil bagus sempat bermasalah bahunya dan harus digantikan dengan Wahyu Tri Nugroho di babak kedua. Sedangkan Handi bahkan harus ditandu karena cedera otot paha kanan.

Kepastian Endra dan Handi tidak mengalami cedera yang mengkawatirkan kemarin disampaikan dokter timnas Syarif Alwi. Menurut Syarif kondisi Endra dan handi sudah pulih dan siap berlaga di di Piala AFF 2012.

"Kami memang sempat kawatir dengan kondisi Endra dan Handi. Tapi sekarang kondisi mereka sudah membaik," kata Syarif kepad wartawan usai latihan. "Tidak ada masalah dan mereka bisa tampil main di Piala AFF nanti," lanjutnya.

Secara khusus Syarif menyoroti kondisi pemain naturalisasi asal Belanda, Jhonny van Beukering yang saat ini menurutnya masih kegemukan. Dengan kondisi seperti saat ini Beukering sulit untuk bisa tampil fight sampai 90 menit. Padahal keberadaannya sangat dibutuhkan di lini depan.

Karena itu dengan sisa waktu yang ada Beukering diminta untuk diet habis-habisan agar berat badannya bisa turun lagi di kisaran lima kilogram.

Syarif Alwi mengungkapkan jika pemain yang pernah berkostum Pelita Jaya itu sudah berhasil menurunkn berat badan dari 95 kilogram menjadi 90 kilogram. "Idealnya berat badan Beukering itu 85 kilogram," ungkap Syarif.

Jhonny van Beukering bergabung ke pemusatan latihan timnas sekitar dua pekan lalu. Di dua kali ujicoba terakhirr pemain 29 tahun ini tidak tampil full time. Saat berujicoba melawan Timor Leste, Beukering yang memberi umpan kepada Bambang Pamungkas untuk mencetak satu-satunya gol kemenangan baru turan di pertangahan babak kedua.

Ketika menghadapi Kamerun pemain yang saat ini tercatat sebagai pemain klub Presikhaaf itu dimainkan sebagai starter" tapi diganti di babak kedua.

Sementara itu pelatih Nil Maizar sepertinya tidak terlalu merisaukan kondisi Beukering. "Jangan berbicara soal mengurangi berat badan dia lah. Kalau dia gemuk tapi bisa cetak gol bagimana?. Kalau dia kurus tapi tidak bisa cetak gol? Mana yang bagus? Jangan berbicara soal berat badan. Kalau dia bisa berikan kontribusi bagus kenapa tidak," cetus Nil Maizar.

Mengenai strategi yang akan disiapkan di Piala AFF nanti Nil mengatakan masih ada waktu sekitar satu pekan untuk terus memantabkan semua lini dalam timnya.

"Dalam waktu satu minggu ini kami fokus pada perbaikan di pertahanan dan finishing. Anak-anak memang masih harus memperbaikinya. Dan yang penting bagi kami tim pelatih adalah pemain memiliki kemauan untuk memperbaiki apa yang ingin kami benahi," beber Nil. Timnas akan berantolak ke Malaysia Rabu pagi. (ali)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Terinspirasi Tilang, Jadikan Selebrasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler