Senin Pagi Banyak Kabar Baik, Rupiah Hari Ini Mulai Membaik

Senin, 27 Juni 2022 – 11:01 WIB
Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra menilai kekhawatiran terhadap inflasi mulai mereda. Rupiah hari ini, Senin (27/6) mulai membaik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra menilai kekhawatiran terhadap inflasi mulai mereda.

Hal itu membuat nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menguat.

BACA JUGA: Efek Lapak Ganjar Mantap, Omzet Bisnis Keripik Mahasiswi Tembus Jutaan Rupiah

Mata uang Garuda dibuka bergerak menguat 35 poin atau 0,23 persen.

Rupiah hari ini bertengger ke posisi Rp 14.813 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.848 per USD.

BACA JUGA: Rupiah Hari Ini Lumayan, Bagaimana dengan Besok?

"Hari ini, nilai tukar rupiah bisa menguat terhadap USD karena sentimen positif pasar terhadap aset berisiko pagi ini," kata Ariston di Jakarta, Senin.

Menurutnya, indeks saham Asia terlihat bergerak positif pagi ini mengikuti pergerakan positif indeks saham Eropa dan AS pada akhir pekan kemarin.

BACA JUGA: Banyak Bank Sentral Agresif, Apa Kabar Rupiah Hari Ini?

"Pasar mungkin melihat bahwa kebijakan bank sentral dunia untuk menaikkan suku bunga acuan mungkin bisa mengendalikan inflasi dengan penurunan harga-harga komoditi belakangan ini. Jadi kekhawatiran pasar terhadap inflasi mereda," ujar Ariston.

Kendati demikian, sikap bank sentral AS Federal Reserve (Fed) yang masih akan menaikkan suku bunga acuannya bisa memicu penguatan USD.

Mendekati akhir Juli, The Fed diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin menjadi 2,25 persen-2,5 persen.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga hingga tiga persen hingga akhir tahun. Bank sentral berkomitmen untuk menurunkan angka inflasi AS dengan kebijakan pengetatan moneter yang agresif.

"Dari dalam negeri, tekanan inflasi yang mulai merangkak naik mungkin bisa menjadi penekan rupiah. Inflasi bisa melambatkan pertumbuhan ekonomi," kata Ariston.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak menguat ke arah Rp 14.800 per USD dengan potensi resisten di level Rp 14.860 per USD. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler