Sepak Terjang Pentolan KKB Demius Magayang yang Tertembak di Dekai, Ternyata

Senin, 29 November 2021 – 02:25 WIB
Evakuasi anggota KKB Temianus dari Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Minggu (28/11) ke Sentani guna dirawat di RS Bhayangkara, Jayapura terkait luka tembak yang dialaminya. ANTARA/HO/Humas Polda Papua

jpnn.com, JAYAPURA - Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo Demius Magayang alias Temius Magayang dievakuasi ke Jayapura, Minggu (28/11), untuk mendapatkan perawatan setelah tertembak saat penangkapan.

Demius Magayang ditangkap tim gabungan Satgas Operasi Nemangkawi bersama Polres Yahukimo, di Distrik Dekai, Sabtu (27/11). Saat penangkapan, pentolan KKB itu bersama tiga rekannya membawa sepucuk senjata api rakitan dengan delapan peluru.

BACA JUGA: Satgas Nemangkawi Bekuk Komandan Operasi KKB Demius Magayang, Pembunuh Anggota TNI

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal, Demius dirawat di RS Bhayangkara Jayapura, Papua. Sejauh ini kondisinya stabil.

"Demius Magayang tertembak karena melawan saat hendak ditangkap. Dia diterbangkan ke Jayapura untuk mendapat perawatan," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura.

BACA JUGA: Pengakuan Guru soal Siswa Penganut Saksi Yehuwa yang 3 Kali Tinggal Kelas, Mengejutkan

Perwira menengah itu lantas membeberkan sepak terjang Demianus yang sebelumnya masuk daftar pencarian orang (DPO) akibat terlibat berbagai kasus pembunuhan di wilayah Polres Yahukimo.

Menurut Kamal, Demianus tercatat terlibat dalam 12 kasus kekerasan hingga pembunuhan yang terjadi sejak 2020. Antara lain, membunuh staf KPU Yahukimo Hendrik Jovinski pada 11 Agustus 2020.

BACA JUGA: Polres Enrekang Diserbu Warga, AKBP Andi Sinjaya Ghalib: Alhamdulillah

Demianus juga terlibat pembunuhan dua prajurit TNI dari Yonif Linud 432 Kostrad dan merampas senjata api yang dibawa korban.

Kasus lainnya, yaitu pembunuhan karyawan PT Indo Papua tanggal 22 Agustus 2021.

"Serta, kontak tembak dengan aparat gabungan dari Satgas Gakkum Nemangkawi dan Polres Yahukimo," kata Kombes Kamal.

Sebelumnya, tim gabungan Satgas Operasi Nemangkawi bersama Polres Yahukimo mendeteksi keberadaan DPO atas nama Demianus itu di seputaran PT Indo Papua Jalan Gunung, Distrik Dekai, Sabtu (27/11).

Selanjutnya, Pukul 10.45 WIT, tim yang dipimpin dipimpin oleh Katim Satgas-i Unit Yahukimo AKP I Nengah S Gapar bergerak menuju lokasi sasaran untuk melakukan penangkapan.

Satu jam kemudian, tim tiba di lokasi dan melihat sebuah mobil yang ditumpangi oleh komandan operasi KKB itu melintas di lokasi.

BACA JUGA: Kasus Siswa Penganut Saksi Yehuwa 3 Kali Tinggal Kelas, Ada Kejanggalan Begini

Ketika tim gabungan melakukan penangkapan, Demius melakukan perlawanan sehingga terluka tembak.

Pentolan KKB itu kemudian dibawa ke RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan medis, akibat luka tembak yang dialaminya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler