SEPAKAT! Puasa Mulai Senin Besok

Minggu, 05 Juni 2016 – 19:38 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim (kanan), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH.Maruf Amin saat memimpin sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (5/6). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim SaifuddiN mengatakan, 1 Ramadan 1437 Hijriah jatuh pada Senin (6/6). Ketetapan itu diambil setelah pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah ormas Islam menggelar sidang isbat tertutup di Kantor Kementerian Agama, Minggu (5/6).

"Seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati (Ramadan) tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016," ujar Lukman dalam konferensi pers di kantornya.

BACA JUGA: Dipilih..dipilih.. Kue Kering Cantik Harga Murah atau Mahal

Menurut Lukman, penetapan diambil berdasarkan hisab dan rukyat. Untuk rukyat, ada sekitar 93 lokasi yang menjadi titik pengamatan. 

Sedangan saat ditanya tentang alasan sidang isbat dilakukan tertutup, menteri asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, hal itu merupakan masukan dari berbagai ormas Islam termasuk MUI. "Kami bersepakat yang dibutuhkan masyarakat adalah hasil sidang (isbat,red), bukan proses pembahasan dalam sidang isbat," ujar Lukman.

BACA JUGA: Diskon Besar-besaran, Sirop dan Kurma Jadi Primadona

Pihak yang hadir dalam sidang isbat kali ini antara lain Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, serta sejumlah duta besar negara tetangga dan perwakilan ormas-ormas Islam seperti Nadhaltul Ulama (NU).(gir/jpnn)

BACA JUGA: Belanja untuk Ramadan, Para Ibu Rebutan Troli di Supermarket

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamatan Hilal Berpotensi Terhalang Mendung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler