Seperti ini Tantangan Perbankan dalam Penerapan Cloud System, Berikut 3 Langkahnya

Kamis, 18 Februari 2021 – 14:20 WIB
Ilustrasi perbankan. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pgs Executive Vice President IT Strategy and Goverance Division Bank BRI Hermanudin mengungkapkan tantangan dan kendala awal yang dialami pelaku perbankan dalam penerapan teknologi cloud.

Salah satunya yakni masih adanya perbedaan versi dan jenis pada aplikasi mobile banking yang dimiliki perbankan dengan cloud yang akan diadopsi.

BACA JUGA: OJK Paparkan Empat Tantangan Perbankan Nasional

Hal itu disampaikan Hermanudin dalam diskusi virtual ‘The Importance of Hybrid Cloud Enhancing Banking Services in The New Normal and Digital Era’, Kamis, (18/2).

“Tantangan tersendiri di bank-bank ini aplikasi-aplikasinya masih menggunakan sistem monolitik. Challenge-nya bagaimana masuk mengubah aplikasi ini menuju aplikasi cloud ready,” kata Hermanudin.

BACA JUGA: Nissa Sabyan Dituding Selingkuh dengan Ayus, Sang Manajer Berkomentar Begini

Menurutnya, beberapa infrastruktur tambahan juga harus dilengkapi perbankan dalam penerapan cloud pada sistem IT-nya.

Dengan begitu, pada kemudian hari perbankan bisa menikmati layanan penyimpanan data yang aman dan nyaman dalam menggunakan sistem IT.

BACA JUGA: Transaksi BJB DigiCash di Seluruh Gerai Berlogo QRIS

Pemanfaatan cloud pada digitalisasi perbankan tak hanya memudahkan nasabah dalam bertransaksi digital, namun juga dapat meningkatkan angka inklusi keuangan nasional.

Penerapan sistem komputasi awan atau cloud system dalam layanan perbankan memang tidak mudah. Arief Pribadi, Technical Director Nutanix Indonesia menyebut ada tiga langkah yang perlu dilalui oleh setiap pelaku industri jasa keuangan untuk mulai menerapkan teknologi cloud dalam layanannya.

BACA JUGA: 6 Fakta Pemerintah Tidak Berpihak kepada Guru Honorer

Langkah pertama adalah mengganti infrastruktur yang lebih digital dan cloud ready terlebih dahulu.

“Kenapa penting? Karena infrastruktur yang lebih mumpuni dibutuhkan untuk penerapan cloud system,” jelas Arief.

Kemudian, langkah kedua adalah mempersiapkan aplikasi yang mampu mengaplikasikan cloud system. Penerapan sistem cloud akan lebih mudah dengan aplikasi perbankan dan finansial yang berbasis teknologi cloud.

BACA JUGA: Aurel dan Azriel Merasa Kurang Diperhatikan, Ashanty Rela Kubur Keinginannya Sejak Muda

Ketika aplikasi sudah siap, mulailah masuk ke tahap ketiga, yaitu penerapan multi-cloud.

Pelaku industri keuangan bisa mulai memilih vendor-vendor penyedia layanan public cloud yang paling sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan kebutuhan bisnisnya.

Sehingga, terjadi efisiensi bisnis dan peningkatan layanan digital pada aplikasi. Dengan menerapkan ketiga langkah ini, setiap pelaku industri perbankan dan finansial dapat mulai menerapkan cloud system dalam layanannya.

Arief mengungkapkan, pihaknya terus mendukung transformasi digital yang bergerak semakin cepat di tengah pandemi.

BACA JUGA: Jika Ada Warga Jakarta Ogah Divaksin, Anies Baswedan Merespons Begini

“Kami terus mendukung transformasi digital terutama di industri finansial. Pada prinsipnya, bagi kami teknologi yang baik bukanlah teknologi yang canggih, melainkan teknologi yang dimanfaatkan oleh penggunanya,” papar Arief.

Sementara itu, Senior Executive Analyst Digitalisasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Roberto Akyuwen menilai, dengan digitalisasi tersebut perbankan bisa dengan mudah menjangkau nasabah di daerah dan menyimpan data dengan maksimal.

OJK mencatat hingga 2020, terdapat 29 bank umum yang telah memanfaatkan layanan cloud dalam menjalankan bisnisnya.

“Mereka bekerja mayoritas kecil dan pinggiran kota dan pedesaan sehingga niat kita bisa melakukan perbaikan inklusi keuangan, inilah objek penting digitalisasi,” tukas Roberto.(chi/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marshanda: Gue Difitnah Setahun Lebih


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Cloud   perbankan   OJK   BRI   nasabah   transaksi digital   Bank BRI  

Terpopuler