Serahkan Lahan Untuk Bangun Bandara di Sintang

Jumat, 14 Maret 2014 – 02:52 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat baru saja menyerahkan tanah kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti. Tanah ini nantinya akan digunakan untuk membangun Bandara Sungai Tebelian di Kabupaten Sintang.

"Kami sudah sepakat untuk melaksanakan serah terima barang milik daerah, berupa tanah untuk pembangunan bandara Sungai Tebelian yang terletak di desa Sungai Ukoi," ujar Bupati Sintang, Milton Crosby di Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (13/3).

BACA JUGA: Korban Bencana Asap Nyaris 50 ribu orang

Tanah seluas 1,440,694 m2 ini diserahkan berserta sertifikat hak pakai nomor 00003 pada 21 November 2013. Ia menuturkan, bandara yang ada saat ini sudah tidak bisa lagi menampung perkembangan ekonomi Kabupaten Sintang.

"Tanah itu kami serahkan untuk pembangunan, pengembangan dan operasional bandara Sungai Tebelian Sintang, karena bandara yang ada saat ini masih kurang," tutur Milton.

BACA JUGA: Putri Sultan Cirebon Nikahi Pemuda Biasa

Penyerahan tanah ini disambut baik oleh Herry. Selanjutnya tanah ini akan dibangun dan dikembangkan menjadi bandara Sungai Tebelian, di Sintang. Tanah ini, nantinya akan dibangun runway pesawat sepanjang 2.400 meter.

"Pemerintah daerah sudah menyerahkan aset lahan untuk pembuatan bandara tahap pertama," terang Herry.

BACA JUGA: Petani Cengkih Mengamuk di Kantor Bupati Kolaka

Pemerintah pusat, saat ini tengah melakukan kajian detail mengenai desain konstruksi untuk memperkirakan investasi yang dibutuhkan guna membangun bandara ini.

Herry menambahkan, pemerintah pusat telah mengeluarkan anggaran Rp 210 miliar untuk pembangunan runway, taxiway, dan juga proses pembebasan lahan. Pembangunan bandara ini diharapkan bisa rampung dalam tiga tahun. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panas Tembus 32 Derajat Celcius, Debit Air Menurun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler