Serahkan Laporan Dana Kampanye di Masa Injury Time

Minggu, 02 Maret 2014 – 23:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Sejumlah partai politik diketahui melaporkan dana awal kampanye pemilu 2014, mendekati detik-detik akhir masa akhir pelaporan, Minggu (2/3) Pukul 18.00 WIB. Menurut Deputi Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Masyukurudin Hafidz pelaporan di menit-menit akhir itu juga terjadi di daerah.

“Hasil temuan JPPR tentang peristiwa pelaporan yang berada di menit-menit terakhir misalnya terjadi di KPU Kabupaten Blitar yaitu Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) baru laporan Pukul 17.45 WIB, di KPU Kota Cirebon PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) baru laporan pukul 17.30 WIB,” ujarnya di Jakarta, Minggu (2/3) malam.

BACA JUGA: Dana Kampanye Gerindra Terbesar, PKPI Terkecil

Temuan lain, di KPU Kabupaten Sumenep PKPI melaporkan dana awal dana kampanye Pukul 17.00 WIB; di KPU Purworejo pada pukul 17.00 baru 7 parpol yang laporan; di KPU Kabupaten Bogor pukul 15.00 baru 7 parpol yang melaporankan; di KPU Kabupaten Nganjuk pukul 16.00 terdapat 9 parpol yang melapor dan di KPU Kota Bandung pada Pukul 16.30 WIB, ada 4 parpol yang belum laporan yaitu PDIP, Hanura, PKPI dan Demokrat.

Masykurudin menilai laporan di masa injury time ini menunjukkan bahwa manajemen administrasi keuangan partai politik masih jalan di tempat. Pengelolaan dana kampanye antara partai politik dan calon legislator belum terkonsolidasi dengan cepat. 

BACA JUGA: Hayono Isman Sepakat Dengan Pemikiran Dahlan Iskan

Akibatnya partai politik membutuhkan waktu dan koordinasi yang panjang dan lama untuk mensistematisir laporan pendanaan kampanye dan melaporkannya ke KPUD.

“Kondisi ini juga memerlihatkan partai politik masih memakai sistem kebut sehari semalam untuk memersiapkan laporan dana awal kampanye. Jadi tidak dipersiapkan jauh-jauh hari. Apabila pemasukan ataupun pengeluaran dana kampanye partai politik dan caleg terekam secara administratif dengan baik sejak awal, maka parpol tidak serepot seperti saat ini,” katanya. (gir/jpnn)

BACA JUGA: KPK Surati Jero Wacik Agar Tegas ke Perusahaan Pertambangan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasca-operasi, Hafidz Masih Butuh Donasi Ratusan Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler