Serban Merah Putih dan Harapan Kiai Muhammad Balerante untuk Ganjar

Minggu, 08 Oktober 2023 – 17:56 WIB
Kiai Muhammad Faqih Jauhar memakaikan serban merah putih kepada Ganjar Pranowo yang berkunjung ke Ponpes Al Jauhariyah Balerante Cirebon, Jawa Barat, Minggu (8/10). Foto: Tim GP

jpnn.com - CIREBON - Kiai Muhammad Faqih Jauhar tampak tersenyum semringah melihat kedatangan Ganjar Pranowo di Ponpes Al Jauhariyah Balerante Cirebon, Jawa Barat, Minggu (8/10). 

Muhammad Faqih Jauhar bersama kiai sepuh lainnya langsung menyambut kehadiran Ganjar.

BACA JUGA: Momen Keakraban Ganjar dengan Mahfud MD di Acara Ngunduh Mantu Anak Kiai Mustofa Aqil

Kiai Muhammad bahkan mengalungkan serban berwarna merah putih untuk Ganjar Pranowo. 

"Selamat datang di Balerante, Pak Ganjar. Semoga Pak Ganjar sehat selalu," ucap Kiai Muhammad saat menyambut dan memaikan serban merah putih ke Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Bakal Dijadikan Anggota Keluarga Melayu Riau

Dia pun mengajak Ganjar masuk ke dalam rumahnya untuk berbincang-bincang.

Ganjar bersama para kiai sepuh Balerante berdiskusi berbagai macam topik. Mulai dari merawat persatuan dan kesatuan, serta pembangunan keagamaan, khususnya agama Islam, di Indonesia.

BACA JUGA: Upaya Mak Ganjar Melestarikan Jajanan Selendang Mayang Khas Betawi

Ganjar pun dalam kesempatan itu bercerita tentang bagaimana menghidupkan sisi keagamaan saat menjabat gubernur Jawa Tengah. Ganjar dekat dengan para ulama, membuat program yang bermanfaat untuk umat, seperti pendidikan, optimalisasi Baznas, menggelar Jateng Bersalawat dan memberikan insentif untuk guru keagamaan.

"Ya meskipun sedikit, namun, itu bentuk perhatian kami pada mereka yang berjuang menghidupkan agama. Sambil kami titipkan untuk mengajarkan budi pekerti pada anak-anak kita," jelas Ganjar.

Apa yang disampaikan Ganjar itu membuat Muhammad Faqih Jauhar dan kiai sepuh lainnya tersenyum. Mereka berharap Ganjar tetap melanjutkan program baik itu kelak saat dipercaya memimpin Indonesia.

"Alhamdulillah Pak Ganjar memberikan banyak pencerahan. Soal pesantren agar bisa hidup dan berkembang dan menjadi pesantren yang bermartabat, beliau sangat merespons baik soal itu," kata Kiai Muhammad.

Dia mengapresiasi berbagai program baik yang dilakukan Ganjar selama 10 tahun memimpin Jateng, seperti bagaimana mengembangkan Baznas, memberikan bantuan infrastruktur lembaga keagamaan, insentif guru keagamaan dan lainnya.

"Alhamdulillah yang kami harapkan memang seperti itu. Mudah-mudahan nanti jika Allah meridai, ketika Pak Ganjar jadi presiden, beliau bisa meneruskan itu. Kami juga berharap undang-undang pesantren bisa terlaksana ke depannya," pungkasnya.

Disambut Antusias Santri dan Masyarakat

Kedatangan Ganjar ke Ponpes Al Jauhariyah Balerante disambut antusias oleh ratusan santri dan masyarakat. Mereka berjajar di pinggir jalan untuk menyambut Ganjar.

Alunan musik rebana mengiringi langkah Ganjar menuju kediaman Kiai Muhammad Faqih Jauhar. Santri dan masyarakat saling berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama dengan Ganjar Pranowo.

"Seneng banget ketemu Pak Ganjar, orangnya ganteng ya, tinggi lagi. Pokoknya cocok jadi pemimpin masa depan," ucap santri..

Ganjar sempat berdialog dengan masyarakat dan para kuwu atau kepala desa membahas tentang kemajuan Indonesia. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler