Sertifikasi B Corp Dorong Perusahaan Peduli Lingkungan

Selasa, 12 Maret 2024 – 19:19 WIB
Puluhan perusahaan terkemuka Indonesia yang tergabung dalam B Corp (B Corporation) Community berkomitmen membangun bisnis yang bisa menghadirkan dampak positif bagi keberlanjutan sosial dan lingkungan dari aktivitas bisnis yang dijalankan. Foto dok. B Corp

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan perusahaan terkemuka Indonesia yang tergabung dalam B Corp (B Corporation) Community menyatakan komitmennya mendukung target pembangunan berkelanjutan pemerintah. 

Komitmen ini sekaligus upaya membangun bisnis yang bisa menghadirkan dampak positif bagi keberlanjutan sosial dan lingkungan dari aktivitas bisnis yang dijalankan.

BACA JUGA: B Corp Community Dorong Swasta Lakukan Perubahan Sosial dan Lingkungan

“Kami melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rosy Wediawaty dalam Barn Raising 2024 “Moving Forward Together for Better Indonesia”, di Jakarta, Selasa (12/3) . 

Dia mengatakan sertifikasi B Corp juga meningkatkan persaingan lebih tinggi di pasar global, yang tentunya akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan pemerintah.

BACA JUGA: Puluhan Perusahaan Indonesia Dukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Sertifikasi B Corp

Salah satunya meningkatkan daya saing ekspor dan peningkatan kualitas produk Indonesia melalui operasional bisnis yang bertanggung jawab. 

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam yang turut hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut berharap para pelaku di industri pariwisata, restoran, hotel, pusat kerajinan, oleh-oleh, kain daerah, bahkan transportasi dapat meniru perusahaan-perusahaan yang sudah bergabung, untuk terlibat secara aktif dalam B Corp Movement. 

BACA JUGA: Gaya Hidup Masyarakat Berubah, Industri Berlomba-lomba Raih Sertifikasi B Corp

"Saat ini kami pantau tantangan terkait lingkungan makin parah tentunya sebagai regulator kami merasa tergerak untuk melakukan sesuatu, apalagi industri pariwisata ini sangat berhubungan erat dengan alam secara langsung," terang Himam.

Director, Process and External Verification B Lab Global Isik Oguzretem menyatakan selama pandemi, banyak perusahaan mulai menyadari pentingnya keberlanjutan, praktik bisnis yang baik, dan bahwa keuntungan bukanlah satu-satunya motivasi dalam berbisnis. 

Bisnis harus menjadi kekuatan untuk membawa kebaikan atau force for good. 

"Saat ini kami sedang melakukan salah satu upaya paling transformatif untuk mendesain ulang standar, atau yang kami sebut sebagai evolusi standard," jelasnya.

Sertifikasi B Corp dikeluarkan oleh B Lab, sebuah organisasi nirlaba global dari Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah lebih dari 8.250 perusahaan berhasil mendapatkan sertifikasi ini di seluruh dunia. 

Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 96 negara dan bergerak di 162 bidang industri yang berbeda. Komunitas B Corp telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, jumlah komunitas B Corp di ASEAN meningkat dua kali lipat dari 27 perusahaan di tahun 2022 menjadi 51 perusahaan pada 2023. 

Di Indonesia sudah terdapat 23 perusahaan yang tersertifikasi B Corp dan diisi oleh nama-nama perusahaan besar yang terkenal memiliki visi untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang lebih berkelanjutan, seperti: Danone Indonesia, PT DCI Indonesia, SukkhaCitta, Jejakin serta Potato Head dan lainnya. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler