Server PDSS Ngadat, Sekolah Diminta Segera Lapor

Selasa, 18 Desember 2012 – 06:40 WIB
JAKARTA - Pelaksanaan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2013 yang dimulai perdana kemarin berjalan lancar. Panitia pusat belum menerima ada laporan server PDSS yang ngadat atau gangguan lainnya.

Laporan evaluasi sementara pengisian PDSS itu disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) Panitia Pusat SNM PTN 2013 Rochmat Wahab. "Sebenarnya jika masih sehari masih belum diketahui terujinya," ujar pria yang kembali terpilih menjadi rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode 2013-2017 itu.

Dia menuturkan jika panitia benar-benar sudah tenang menjalankan PDSS jika telah berjalan sekitar tiga mingguan. Pada hari pertama ini, Rochmat mengatakan jika tim PDSS yang bermarkas di Universitas Indonesia (UI) belum menerima laporan adanya server yang macet.

Menurutnya panitia sudah menyiapkan jaringan server untuk PDSS dengan kualitas bagus. "Intinya jika semua sekolah tertib meng-entry data, tidak akan ngadat," jelas pria asal Jombang, Jatim itu.

Jika ternyata ada sekolah yang mengalami hambatan meng-entry data di PDSS, Rochmat meminta untuk segera melapor ke panitia pusat. Menurutnya potensi server yang macet tetap saja ada.

Dia mengatakan jika panitia sudah menyiapkan call center 24 jam di nomor telepon 0804145045. "Pokoknya jika ada laporan server macet dari dearah tertentu, langsung kita tangani," ujarnya.

Selain urusan potensi server macet, Rochmat mengatakan jika panitia belum mengeluarkan rekapitulasi sekolah yang sudah meng-entry ke PDSS. Dia berjanji akan segera mengumumkan ke masyarakat tingkat kepatuhan sekolah dalam mengisi data siswa di PDSS. "Jika ternyata nanti masih rendah, kita dorong untuk ada peningkatan," katanya.

Rochmat juga menuturkan, data siswa yang masuk di PDSS belum bisa dipilah-pilah sesuai dengan kampus peminatan. Sebab para siswa SMA/sederajat baru bisa memilih PTN yang diinginkan pada 1 Februari hingga 8 Maret tahun depan.

"Kalau selama pengisian PDSS ini datanya masih data umum, belum ada rekaman siswa memilih PTN mana," pungkasnya. (wan)


BACA ARTIKEL LAINNYA... PDSS Bisa Cegah Kecurangan Sekolah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler