Sesalkan Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Selasa, 19 Juni 2018 – 17:45 WIB
Korban kapal tenggelam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba Parapat, dalam proses evakuasi. (Foto: BNPB/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Pecinta Danau Toba (YPDT) prihatin tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara, Senin (18/6). 

"Kami menyatakan turut berdukacita atas korban yang meninggal dunia," kata  Ketua Umum YPDT Maruap Siahaan, Selasa (19/6). 

BACA JUGA: KM Sinar Bangun Tenggelam Diduga karena Kelebihan Muatan

Berdasarkan informasi terbaru dari Kominfo Kabupaten Samosir, pukul 14.10 hari ini, setidaknya sudah tercatat 96 orang penumpang kapal yang belum ditemukan.

Jumlah itu tidak termasuk 19 orang korban yang ditemukan. Jadi  diperkirakan bahwa penumpang kapal tersebut sebanyak 115 orang.

BACA JUGA: Video Penyelamatan Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba

KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba saat berlayar dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, ke Tigaras, Kabupaten Simalungun) sekitar pukul 17.30 WIB.

Sejauh ini beberapa media memberitakan baru satu korban meninggal dunia bernama Tri Suci. Korban sudah mencapai 19 orang, yaitu  14  laki-laki dan lima perempuan. 

BACA JUGA: Operasi Pencarian Korban KM Sinar Bangun Disetop Sementara

Maruap menyatakan duka mendalam atas peristiwa yang menyebabkan korban meninggal dunia dan luka-luka.

“Kami sungguh menyesalkan kejadian ini di tengah-tengah promosi Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional,” ungkapnya.

Maruap juga berharap agar pemerintah setempat turut bertanggung jawab atas musibah ini dan sesegera mungkin melakukan pembenahan tata kelola transportasi danau, darat, dan udara menuju Kawasan Danau Toba (KDT) dan di sekitar KDT.

“Pemerintah harus hadir lebih nyata di masyarakat untuk mempersiapkan KDT yang ramah, nyaman, dan aman,” ujarnya. 

Maruap berharap agar semua pihak, baik masyarakat, pemerintah maupun pelaku usaha, sadar dan tanggap bencana. 

Sejauh ini pencarian korban yang hilang masih dilakukan Tim Gabungan (Basarnas, Kementerian Perhubungan, Polisi, dan TNI) dengan bantuan masyarakat setempat. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler