Setahun Rekam, e-KTP Belum Beres

Sabtu, 17 Agustus 2013 – 02:19 WIB

jpnn.com - BATAM - Sejumlah warga yang melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronok (e-KTP) tahun lalu kecewa karena fisik e-KTP-nya belum selesai hingga sekarang. Sebagian besar e-KTP yang belum dicetak tersebut adalah perekaman yang dilakukan di pusat perbelanjaan.

Salah satu warga yang mengalaminya adalah Arifin warga Hang Lekir, kelurahan Baloi Permai. Ia mengaku melakukan perekaman e-KTP Agustus 2012 lalu di salah satu pusat perbelanjaan. Ketika ia mendatangi kelurahan Baloi Permai, ia kaget karena e-KTP nya belum selesai.

BACA JUGA: Bupati Stop Permohonan Pindah PNS

"Sudah setahun saya merekam, tetapi kenapa sampai sekarang belum siap. Malah saya disuruh untuk bersabar," katanya, seperti diberitakan Batam Pos (Grup JPNN).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Sadri Khairuddin mengakui hal tersebut. Bahkan ia mengaku warga yang melakukan perekaman Juni tahun lalu pun masih ada yang e-KTP-nya belum dikirimkan ke Batam.

BACA JUGA: Gempa Guncang Sulteng, Warga Berhamburan Keluar Rumah

"Memang masih banyak warga yang belum menerima e-KTP padalah sudah direkam setahun lalu. Bahkan ada beberapa warga yang merekam Juni lalu hingga saat ini belum ada KTP-nya," katanya.

Sadri Khairuddin mengatakan hingga saat ini masih ada sekitar 30 ribu warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP tapi fisik KTPnya belum dikirimkan dari pusat. Ia berharap semua warga untuk bisa bersabar dan menunggu.

BACA JUGA: Pakai Tulisan Tangan Untuk Revisi C-1 Pilkada Jatim

"Tapi kami anjurkan kepada warga yang sudah lama melakukan perekaman tetapi belum mendapatkan e KTP, langsung ke kantor kecamatan atau langsung cek di aplikasi yang kami sediakan," katanya.

Sadri juga menegaskan bahwa hingga saat ini masih ada ribuan orang yang belum melakukan perekaman e-KTP. Ia berharap semua warga bisa langsung melakukan perekaman e KTP, batas yang diberikan hingga Desember 2013 mendatang.

"Masih banyak yang belum  merekam e-KTP, makanya silahkan mendatangi kantor camat terdekat. Perekaman e KTP ini akan tetap berlangsung hingga Desember 2013 mendatang," katanya. (ian)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bawaslu Diminta Sadap Pilkada Jatim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler