Setelah Joman, Projo Diprediksi Bakal Dukung Prabowo Sebagai Capres

Jumat, 07 Juli 2023 – 02:13 WIB
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Dok. Humas Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyebut dukungan para sukarelawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan beralih kepada Prabowo Subianto.

Hal ini lantaran sudah ada beberapa sukarelawan orang nomor satu di Indonesia tersebut yang sudah mendeklarasikan mendukung Prabowo sebagai capres 2024.

BACA JUGA: Hasto Beber Info soal Saran dari Jokowi tentang Cara Memenangkan Ganjar

Jika sebelumnya terdapat Jokowi Mania (JoMan) yang kini berubah menjadi Prabowo Mania, Ujang melihat sukarelawan lainnya yakni Pro Jokowi atau Projo akan mengikuti.

"Sekarang kan juga tim sukarelawan Jokowi sebagian sudah ada di Prabowo seperti JoMan (Jokowi Mania) sekarang jadi Prabowo Mania. Kalo Projo, pasti akan mengarah ke Prabowo juga lambat laun," kata Ujang kepada wartawan, Kamis (6/7).

BACA JUGA: Pedagang Pasar Umum Negara Minta Pak Jokowi Tinjau Kembali Rencana Revitalisasi

Dia menjelaskan bergesernya para sukarelawan Jokowi kepada Prabowo Subianto karena kedekatan hubungan yang telah terjalin antara kedua pemimpin tersebut.

Sejak bergabung menjadi koalisi pemerintah, hubungan antara Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto menjadi sangat akrab.

BACA JUGA: Aktif Kembali di KPK, Brigjen Endar Berterima Kasih kepada Jokowi, Terlebih Menteri dari PDIP Ini

Bahkan dalam beberapa kesempatan hubungan keduanya terlihat sangat dekat.

Berbeda ketika Presiden Jokowi bersama pejabat publik lainnya yang masih terlihat kaku dan sekedar menjaga hubungan secara profesional.

Berbeda dengan Prabowo Subianto yang tidak hanya dekat secara profesional namun juga secara personal dengan Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Menteri Pertahanan tersebut juga berkomitmen akan menjaga dan meneruskan program serta pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi jika diberikan amanah oleh masyarakat untuk menjadi presiden selanjutnya melalui Pilpres 2024 mendatang.

Karenanya, Ujang menganalisis dukungan yang diberikan oleh para relawan Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto menjadi hal yang lumrah melihat kedekatan hubungan keduanya.

Presiden Jokowi juga berkali - kali memberikan sinyal kepada masyarakat mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di kontestasi demokrasi mendatang.

Ujang mengatakan jika Presiden Jokowi secara gamblang memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto, bisa dipastikan terdapat limpahan elektoral.

Baik sukarelawan dan simpatisan Presiden Jokowi besar kemungkinan akan memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Kalau Jokowi mendukung Prabowo seandainya betul-betul mendukung Prabowo ya tentu akan diikuti oleh sukarelawan-relawannya," pungkasnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pernah Viral Disebut Jokowi, Bipang Ambawang Kini Merambah Penjualan di Jakarta


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler