Setgab Pastikan Kompak Hadang HMP

Sabtu, 29 Desember 2012 – 05:50 WIB
JAKARTA - Usulan penggunaan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) kasus Century segera digulirkan di DPR. Namun Sekretariat Gabungan (Setgab) parpol pendukung pemerintah sudah ancang-ancang mengerem usul penggunaan HMP.

Pada Kamis (27/12) lalu, Setgab mengadakan pertemuan di kediaman Sekretaris Setgab Koalisi Syarief Hasan. Saat itu, partai-partai koalisi pemerintah, kecuali Partai Golkar, bersepakat tidak meneruskan wacana pengusulan HMP. Partai Golkar memilih abstain. Dengan sikap itu, Fraksi Partai Golkar mempersilakan anggotanya menggunakan atau tidak menggunakan HMP sesuai dengan pilihan masing-masing.
 
Namun Syarief Hasan memastikan Setgab tetap solid. Semua fraksi anggota koalisi pemerintah sudah bersepakat menyerahkan penegakan hukum atas kasus Century kepada KPK. "Sebab, itu keputusan paripurna. Konsisten saja," katanya, kemarin.

Dia menganggap wacana HMP yang sekarang muncul bukan muncul dari sikap resmi fraksi tapi hanya datang dari individu. Karena itu, Syarief yang juga menteri koperasi dan UKM itu tidak terlalu khawatir menanggapi wacana penggalangan HMP setelah reses DPR.

"Kita lihat saja nanti setelah reses DPR," ujar Syarief. Jadi, HMP tidak akan jalan? "Insya Allah," jawabnya, lantas tersenyum. (pri/c4/ari)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Fraksi Demokrat Persoalkan Tim Audit Hambalang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler